.

Anggota Komisi III Hj Sumiyati Dukung Penyertan Modal Pada Perseroda MUJ Tingkatkan Kinerja

Caption : Anggota Komisi III Hj. Sumiyti,,S.Pd.I.M..I.Pol

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Jawa Barat, menyetujui Raperda Penyertaan modal Pemda provinsi Jabar kepada PT Migas Utama Jabar (MUJ) , menjadi Perda.

Hal itu ditandai dengan penandatangan persetujuan bersama pimpinan DPRD jabar dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, pada Rapat Paripurna DPRD Jabar yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Ineu Purwadewi Sundari di gedung DPRD jalan Diponegoro kota Bandung, Rabu (14/9/2022).

Terkait hal tersebut Anggota Komisi III Hj. Sumiyti,,S.Pd.I.M..I.Pol.mengatakan,pihaknya mendukung penyertaan modal untuk meningkatkan kinerja BUMD ini, sebelumnya adalah PT. Migas Hulu Jabar. Dikarenakan ada perluasan usaha dibidang energi dan sumber daya mineral, disamping minyak dan gas bumi, maka nama perusahaan ini berubah menjadi PT. Migas Utama Jabar (Perseroda),  jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bunda Sum sapaan akrab Hj Sumiyati, dari total modal dasar Rp50 milyar, Pemda Prov Jabar sudah melakukan setoran modal Rp. 35 milyar, yaitu tahun 2014 Rp 8,750 milyar dan tahun 2016 sebesar Rp. 26,250 milyar. Dengan peningkatan modal dasar menjadi Rp. 140 milyar, sisa kewajiban setoran modal Rp. 105 milyar.

“Dengan modal yang sudah di setor sebesar Rp. 35 milyar, sampai dengan tahun 2021, PT. Migas Hulu Jabar telah memberikan deviden kepada Pemda Prov Jabar sebesar Rp. 179,16 milyar,” jelas Sum Anggota Komisi III yang membidangi keuangan salah satu mitra kerjanya BUMD.

Menutnya Komisi III mengapresiasi kinerja PT. Migas Utama Jabar (Perseroda), yang terlihat dari deviden yang telah di berikan kepada Pemda Prov Jabar.Namun pihaknya juga  memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan penyertaan modal ini. 

Lebih lanjut dikatakannya, salah satunya diperlukan perencanaan yang matang, dalam rencana bisnisnya setelah PT. Migas Utama Jabar (Perseroda) menggarap bidang yang baru.Jangan sampai setelah menggarap bidang yang baru kemudian menimbulkan kerugian, karena selama ini PT. Migas Utama Jabar (Perseroda) sudah memberikan kontribusi kepada pendapatan asli daerah yang cukup signifikan,pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 meliputi Kota Bekasi dan Depok ini. (Rie/AdPar)