.

Sinergi Foundation Gelorakan Semangat Berbagi untuk Negeri Lewat Desa Sedekah

Caption : Asep Irawan CEO Sinergi Foundation .kembali resmikan "Desa Sedekah Kampung Perelek" di Kampung Cibiru Beet, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi,  Kab. Bandung.Sabtu (12/3/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Bangsa Indonesia dikenal dengan kedermawanannya. Penelitian yang dilakukan oleh Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index menempatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan sepanjang tahun 2021.

Kedermawanan ini tercermin sudah sejak lama. Keringan tanganan masyarakat kita dalam membantu dan berbagi pada sesama terlihat dari tradisi gotong royong seperti yang tercantum dalam sila ke-5 Pancasila.

Untuk menguatkan tradisi berbagi pada sesama, Sinergi Foundation kembali resmikan "Desa Sedekah Kampung Perelek" pada Sabtu (12/3/2022). Kali ini berada di Kampung Cibiru Beet, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi,  Kab. Bandung.

Wilayah ini merupakan desa ke lima yang diadopsi sebagai Desa Sedekah. Sebelumnya Sinergi Foundation mendirikan Desa Sedekah di Bomo Kab. Banyuwangi, Desa Lengkongjaya dan Desa Cidugaleun Cigalontang Kab. Tasikmalaya,  dan Desa Cibeureum, Kab. bandung.

"Dari Desa Sedekah ini, kami ingin menggelorakan semangat berbagi di tengah masyarakat desa. Semua sedekah yg terkumpul dikelola dari warga untuk warga," ujar Asep Irawan CEO Sinergi Foundation .



Pendirian Desa Sedekah ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang betapa besar dampak sedekah bila dikelola secara profesional. Apalagi program ini diperuntukkan demi membantu kesejahteraan warga di desa itu sendiri.

Seperti Di Desa Cibeureum, Kec. Kertasari, Kabupaten Bandung, pada bulan lalu sudah bisa menghimpun dana sebesar Rp 1,7 juta dalam sebulan dengan jumlah peserta yang terlibat sebanyak 80 KK dari 3 kampung. Sejauh ini penyalurannya masih digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan masjid.

Setiap peserta yang ikut bergabung di Desa Sedekah, diberikan katung atau perelek (kencleng sedekah) di tiap rumah. Dalam sebulan, peserta akan menyetorkan dana yang terkumpul di perelek itu kepada petugas pengelola Desa Sedekah yang berasal dari warga desa itu sendiri.

Sinergi Foundation sendiri adalah lembaga pengelola dana Wakaf, Zakat, Infak dan Sedekah. Desa Sedekah merupakan salah satu program dibawah Lumbung Desa, yaitu program pemberdayaan untuk membantu mendongkrak perekonomian warga desa.**