.

ASN Disdik Jabar Diimbau Gunakan Seragam Pramuka Simbol Pendidikan Karakter

Caption : Kadisdik Jabar Dedi Supandi bersama Kak Atalia Ridwan Kamil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat

BANDUNG.LENTERAJABAR,COM,
--Pesatnya teknologi informasi saat ini memiliki dampak positif disatu sisi dan negatif disis lainya terutama kalangan generasi milinial,untuk itu dalam upaya membentengi diri para pelajar diperlukan pendidikan karakter. Salah satu caranya dengan kepramukaan.

Disebutkannya, sesuai dengan amanat Peraturan Presiden 87 tentang pendidikan karakter. Maka pramuka salah satu langkah yang tepat.

Menginggat didalam Pramuka ada pendididikan karakter dimana terdapat olahrasa, olahraga, olah jiwa yang tertuang dalam Dasadharma Pramuka.

Pemakaian seragam pramuka bertujuan membentuk karakter siswa. Dengan seragam itu, watak dan karakter pramuka diharapkan lebih dijiwai oleh siswa sekolah.

Selaras dengan hal tersebut guna meningkatkan minat generasi muda pada pendidikan kepramukaan dan mendorong tumbuh kembangnya ruh kepramukaan pada jiwa anak dan remaja, seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN di seluruh unit kerja Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) diimbau menggunakan seragam Pramuka pada tanggal 14 setiap bulannya.

"Penggunaan seragam Pramuka ini juga menjadi sarana pendidikan dan sebagai identitas pembentukan karakter," ujar Kadisdik, Dedi Supandi, Rabu (3/2/2021).

Hal ini pun menindaklanjuti Surat Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Nomor: 06/09-E Tanggal 20 Januari 2021 Perihal Imbauan Penggunaan Seragam Pramuka.

Untuk itu, Kadisdik mengimbau seluruh Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah I-XIII menginformasikan imbauan ini di tingkat satuan pendidikan.

"Pelaksanaan akan dimulai pada 14 Februari 2021 sambil menunggu pengesahan Peraturan Gubernur Jawa Barat tentang Tata Cara Pakaian Dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ungkapnya.

Dengan penggunaan seragam Pramuka ini, Kadisdik berharap, akan terbentuk sebuah karakter. "Karakter inilah yang sebetulnya dituntut di level pendidikan. Mari bentuk karakter kita dari sekarang untuk persiapan di masa depan, salah satunya dengan Pramuka," pungkasnya.(Red)