.

BK Award 2020 Ajang Apresiasi Bagi Legislator di DPRD Provinsi Jabar

 

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Jawa Barat H. M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, MH

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--
Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar)  Melalui Badan Kehormatan (BK) DPRD Jabar Badan Kehormatan DPRD Jawa Barat dibantu Sekretariat DPRD menyelenggarakan penghargaan ini setelah melalui proses pengolahan data kinerja seluruh anggota DPRD.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Jawa Barat H. M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, MH mengatakan BK Award ini untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja anggota Dewan Jabar, agar rekan-rekan anggota dewan lebih memahami dan bertanggungjawab dalam  menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat,ungkap politisi senior partai berlambang matahari bersinar ini. Di DPRD Jabar Rabu (30/12/2020).

Hasbullah mengatakan, berdasarkan UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3). Disebutkan bahwa tugas dan wewenang BK,  pada Pasal 121A UU MD3 No. 2 /2018 disebutkan bahwa keberadaan BK melaksanakan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan terhadap prilaku anggota Dewan demi menjaga marwah nama baik lembaga perwakilan rakyat.

BK Award merupakan wujud apresiasi kepada fraksi dan anggota dewan yang memberikan kinerja dan etos kerja baik selama tahun 2020. Untuk itu,  maksud dan tujuannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat Jabar tentang kinerja dan prilaku seluruh anggota DPRD Jabar. 

 

Menurut Hasbullah,apresiasi ini untuk fraksi dan anggota dewan yang selalu hadir secara fisik dalam rapat-rapat penting DPRD Jawa Barat. BK Award ini merupakan inisiasi BK karena berkaca dari kejadian periode yang lalu dimana beberapa kegiatan agenda paripurna sempat terhambat disebabkan kurangnya anggota dewan yang hadir. 

Dalam BK Award terdapat dua kategori yaitu kategori fraksi dan dewan dengan performa diatas 90 persen yang telah menunjukan kinerja dan etos kerja yang baik selam tahun 2020 ini.

Ditambahkaban untuk kategori Fraksi diberikan kepada Fraksi PKB dan Fraksi PAN. Sementara untuk kategori anggota dewan berkinerja terbaik, ada delapan anggota dewan yang mendapatkan BK Award, yaitu H.R Yunandar R.Eka Prawira (FPDIP), H.Daddy Rohanady (F Gerindra Persatuan), H.Muhamad Sidkon Djampi (FPKB), H.Abdul Hadi Wijaya (FPKS), H.Sadar Muslihat (FPKS), Raden Tedi (FPAN), H.Yod Mintaraga (FGolkar), dan Irfan Suryanegara(Fdemokrat) dengan kategori sosok inspiratif.

Keterangan foto : H.Daddy Rohanady (F Gerindra Persatuan) salah satu penerima BK Award

"BK juga memberikan penghargaan untuk seluruh pimpinan DPRD Jawa Barat dibawah pimpinan Ketua Dewan, pa Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat," .

Pada kesempatan yang sama piagam perhargaan juga diberikan BK kepada Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil atas konsistensi Gubernur dalam berpakaian terbaik di setiap rapat paripurna. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua DPRD, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat.

"Penghargaan kami berikan juga kepada pak Gubernur atas inspirasinya dalam kesantunan berpakaian," pungkasnya.(Rie/Red)