Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi: Hari Buruh Harus Dimanfaatkan untuk Lindungi Hak Pekerja

Senin, 01 Mei 2023 | 15:12 WIB Last Updated 2023-05-01T08:12:48Z

Foto: Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional atau May Day yang diperingati hari ini. Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memanfaatkan momentum Hari Buruh dengan melindungi hak buruh.

"Kepada buruh dan pekerja di seluruh Tanah Air Indonesia saya mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional 2023. Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktifitas dan daya saing nasional," kata Jokowi melalui video yang ditayangkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (1/5/2023).

Jokowi mengatakan bahwa upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air harus terus dilakukan. Upaya itu, lanjutnya, dilakukan melalui pengembangan pendidikan vokasional, hingga peningkatan keterampilan tenaga kerja.

"Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja terus dilakukan melalui program prakerja, serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri," tutur dia.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan jumlah investasi dari dalam dan luar negeri. Hal itu dilakukan pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan buruh serta tenaga kerja di Tanah Air.

"Untuk itu pemerintah berusaha untuk mengundang investasi dari dalam dan luar negeri dalam rangka menambah kesempatan, kerja mengurangi pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja. Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023," pungkas Jokowi.(Red/***)

×
Berita Terbaru Update