Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Destinasi Favorit Wisatawan : Bogor Raya dan Bandung Raya saat Liburan Lebaran

Kamis, 27 April 2023 | 07:51 WIB Last Updated 2023-04-27T00:51:20Z

Caption : Salah satu tempat wisata

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengungkapkan,Kunjungan wisata di Jawa Barat selama libur lebaran alami peningkatan. Hal itu terlihat dari okupansi hotel yang rata-rata mencapai 89 persen bahkan ada daerah yang okupansi hotelnya mencapai 100 persen.

"Di Jabar sendiri untuk okupansi hotel itu rata-rata 89 persen dan itu full. Bahkan di 27 kabupaten kota itu ada yang mencapai 100 persen," kata Benny, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/4/2023).

Meski belum mendapat data secara rinci soal jumlah kunjungan wisatawan selama libur lebaran, berdasarkan pemantauannya peningkatan kunjungan di beberapa objek wisata mencapai 50 persen dibandingkan tahun lalu.

"Sementara untuk kunjungan wisatawan, ini belum terhitung. Tapi ada beberapa destinasi wisata yang saya monitoring langsung seperti di Kabupaten Sumedang, Majalengka, Kuningan, itu rata-rata peningkatannya di atas 50 persen," tutur Benny.

Menurutnya, animo masyarakat untuk berwisata tahun ini meningkat dari beberapa tahun yang lalu akibat virus Covid-19. Sebaran wisatawan di berbagai daerah relatif terus meningkat.

"Hari ini adalah momentumnya luar biasa. Sebagai contoh di Pemandian Cibulan, itu dari kapasitas 2000 itu bisa mencapai 4000. Jadi ada kenaikan sekitar 100 persen," papar Benny.

"Untuk estimasi (data kunjungan) saya belum bisa menyampaikan hari ini karena data-datanya belum masuk. Tahun ini lebih membeludak," terangnya.

Berdasarkan pemantauan sementara, kata Benny, Bandung Raya dan Bogor Raya masih jadi destinasi favorit wisatawan. Namun, tahun ini wisata di wilayah Cirebon mengalami kenaikan kunjungan yang signifikan.

"Yang pasti Bandung raya, Bogor raya, itu sudah sangat jelas tinggi. Tapi ini yang luar biasanya justru di Cirebon Raya itu sangat signifikan peningkatannya dibandingkan dengan tahun kemarin," kata Benny.

Benny memprediksi, kunjungan wisata akan terus meningkat hingga akhir pekan ini seiring dengan masih liburnya siswa sekolah.

"Ini akan terus terjadi sampai akhir Minggu ini. Jadi ini kemungkinan sampai tanggal 1 Mei akan terus ramai dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan," pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update