Notification

×

Iklan

Iklan

Hasil Survei Terkini SMRC, Elektabilitas Ganjar Melejit Pasca Diusung PDIP

Sabtu, 29 April 2023 | 20:26 WIB Last Updated 2023-04-30T01:35:44Z

Caption : Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,- PDI Perjuangan resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Elektabilitas Ganjar pun kian melejit berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).Pada “pemilih kritis” nasional pada 25-28 April 2023. Hasil survei ini dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani. 

Dilansir dari survei yang dilakukan SMRC, elektabilitas Ganjar tertinggi dengan suara 20,8% pada pemilih kritis. Survei sebelumnya Ganjar berada di angka 13%.

Sementara Prabowo Subianto menempati posisi kedua dengan suara 15,8%, lebih rendah dibanding survei sebelumnya yakni 18,3%. Kemudian di posisi ketiga ada Anies Baswedan dengan dukungan 11,4%, mengalami kenaikan dari survei sebelumnya 10,7%.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan elektabilitas Ganjar meningkat berdasarkan akumulasi pemilih Prabowo menurun, pemilih yang belum menentukan pilihan sebelumnya dan pada pemilih calon-calon lain.

Deni menuturkan pemilih kritis merupakan pemilih yang memiliki akses ke sumber-sumber informasi tentang sosial-politik. Para pemilih kritis ini memiliki smartphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui perkembangan sosial-politik.

"Mereka umumnya adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan," ujar Deni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/4/2023).

Deni menilai elektabilitas Ganjar kembali pulih dan perlahan naik secara signifikan pasca deklarasi yang dilakukan oleh PDIP. Pasalnya sejak keputusan FIFA hingga pascapengumuman PDIP, elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan signifikan dari 13% menjadi 20,8%, atau naik 7,8%.

Namun demikian, Deni menyebut elektabilitas Ganjar dan Prabowo masih seimbang ketika simulasi dilakukan untuk empat calon presiden yang sudah diputuskan oleh partai mereka masing-masing. Prabowo telah diputuskan menjadi calon oleh partainya, Gerindra, dan mendapatkan dukungan dari PKB.

Sementara, Anies Baswedan juga telah dicalonkan oleh Nasdem, Demokrat, dan PKS, sehingga layak untuk maju sebagai calon presiden. Ganjar telah dicalonkan oleh 4 partai yang mana lebih dari cukup untuk menjadi calon presiden.

Terakhir, Airlangga Hartarto juga telah ditetapkan oleh Partai Golkar sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Sebagai informasi, survei nasional pemilih kritis ini dilakukan pada pemilik cellphone sebagai indikator pemilih kritis. Sampel survei ini dipilih melalui metode random digit dialing (RDD)

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.021 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, divalidasi, dan discreening.

Validasi dan screening dilakukan untuk memastikan bahwa pemilik nomor telepon terpilih adalah warga negara Indonesia dan telah memiliki hak pilih (berumur 17 tahun plus atau sudah menikah).

Margin of error survei diperkirakan 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.(Rie/Red)


×
Berita Terbaru Update