Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Ridwan Kamil : Gerbang Tol KM 149 Gedebage akan Dibuka Sebelum Lebaran

Senin, 13 Februari 2023 | 17:06 WIB Last Updated 2023-02-13T10:06:47Z

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan gerbang tol KM 149 Purbaleunyi yang akan terkoneksi dengan kawasan Gedebage, Summarecon, dan Masjid Raya Al Jabbar, akan diresmikan sebelum Lebaran 2023.

Ia menerima informasi mengenai pembukaan akses yang sangat ditunggu-tubggu warga Bandung Timur dan pengunjung Al Jabbar tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

"Pak Menteri menyampaikan KM 149 untuk akses ke Al Jabbar juga sebelum Lebaran itu sudah bisa dipergunakan," katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/2/2023).

Dengan demikian, katanya, berbagai urusan lalu lintas kendaraan menuju Al Jabbar yang dulu sempat diskenariokan bisa berjalan dengan baik. Kendaraan roda empat dan lebih, bisa mengakses tol tersebut lewat Gedebage.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun selama ini berupaya membuka jalan-jalan baru yang secara langsung menghubungkan Jalan Gedebage Selatan, Jalan Sukarno-Hatta, dan Jalan Tol Purbaleunyi, dengan Masjid Raya Al Jabbar. Hal ini merupakan upaya memperlancar akses menuju Masjid Raya Al Jabbar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, mengatakan memang saat ini akses utama menuju Masjid Raya Al Jabbar adalah Jalan Cimincrang yang terhubung dengan kawasan GBLA dan Jalan Soekarno-Hatta.

Namun, Jalan Cimincrang hanya memiliki dua lajur sehingga berpotensi membuat lalu lintas menjadi padat jika terjadi peningkatan jumlah kendaraan.

"Alternatif yang salanjutnya sebetulnya adalah kita sedang mendorong Kementerian PUPR untuk segera memungsikan Gerbang Tol Purbaleunyi KM 149. Ini sempat terkendala belum bisa difungsikan akibat ada kerusakan struktur bangunan yang sekarang sedang diaudit oleh salah satu konsultan yang ditunjuk Kementerian PUPR," ujar Bambang.

Ia mengatakan gerbang KM 149 ini bisa digunakan untuk mengurai kendaraan menuju Jalan Soekarno-Hatta termasuk ke Al Jabbar. Gerbang ini pun nantinya akan terkoneksi dengan akses-akses lainnya di sekitar Al Jabbar.

"Paling tidak ke depan itu akan ada empat akses untuk menuju Al Jabbar. Satu dari Cimincrang, dua dari Summarecon, tiga dari KM 149 masuk ke Summarecon dan KM 149 bisa menyalurkan beberapa kendaraan yang menuju peti kemas, dan keempat alternatifnya adalah dari Jalan Gedebage Selatan, setelah rel kereta api, nanti akan dibelokkan ke arah kiri menuju ke Al Jabbar," ujarnya.

Ia mengatakan sambil memproses akses-akses tersebut, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jabar mengupayakan pengaturan lalu lintas, utamanya pada jam-jam padat kunjungan Masjid Raya Al Jabbar, seperti pada salat jumat dan jadwal salat lainnya.

Ia mengatakan satu rencana yang tengah diajukan adalah membuka akses dari arah Jalan Soekarno-Hatta. Setelah perlintasan rel kereta api di Jalan Gedebage Selatan, nantinya akan ada akses langsung ke arah kiri atau timur Masjid Raya Al Jabbar.

"Jalan langsung setelah rel, dari Gedebage Selatan menuju Al Jabbar, akan dijadikan jalan alternatif yang baik karena jangkauannya lebih pendek untuk bisa menuju Al Jabbar," tuturnya.

Ia mengatakan dengan demikian, melalui akses alternatif ini, kendaraan yang menuju Al Jabbar tidak usah masuk dulu melalui gerbang utama Summarecon. Dengan demikian pun, jalan ini akan membantu lalu lintas di kawasan Summarecon yang sudah terhubung dengan Masjid Raya Al Jabbar.

"Memang yang ada saat ini ada akses dari Jalan Gedebage Selatan melalui Summarecon dan tembus ke bagian belakang Masjid Al Jabbar. Namun, jalan ini masih dalam penuntasan dan akan dilapisi hotmiks pada 2023, beserta pembangunan jembatannya," katanya. (***)


×
Berita Terbaru Update