Notification

×

Iklan

Iklan

Legislator Prihatin Kantor Cabdin ESDM Wilayah VII Jabar Ikut Pada Pemkab Cirebon

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:33 WIB Last Updated 2023-01-24T05:33:53Z
Caption : Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady

BANDUNG
.LENTERAJABAR.COM,- Sarana dan Prasarana merupakan aset penting yang harus dimiliki Organisasi Perangkat Daerah .Namun hal tersebut tidak dimiliki Kantor Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Cabdin ESDM) Wilayah VII Jawa Barat sampai saat ini ternyata masih numpang/ikut  di lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

Padahal cakupan layanan Cabdin ESDM Wilayah VII cukup luas yakni Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Kuningan.

"Mungkin hal itu tidak jadi masalah selama Kabupaten Cirebon belum menggunakannya. Namun, alangkah ironisnya, sebuah cabang dinas sekelas provinsi masih seperti itu," kata Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady kepada media, Selasa (24/1/2023).

Menurut Daddy, anggaran per tahun untuk Cabdin ESDM Wilayah VII sebenarnya tidak berbeda dengan cabdin lainnya. Mereka masih menngalami "nasakom" (nasib satu koma).

"Artinya setiap tahun mereka hanya mendapat alokasi anggaran sebesar satu miliar koma sekian," beber Daddy.

Tahun ini, lanjut Daddy, mereka mayoritas menjadi "dukomsel" (dua miliar koma selalu), atau paling banter menjadi "dukati" (dua kana tilu miliar). Karena begitu kecilnya anggaran yang ada, tidak aneh jika serapan anggaran tahun 2022 adalah sebesar 99,96%.

"Ini wajar saja karena anggaran mereka hanya Rp1,618 miliar," jelas Daddy.

Untuk energi baru terbarukan (EBT) di Wilayah Cabdin VII terealisasi 72,408% atau menjadi 304% dari target 23,81%. Angka tersebut jauh melampaui target dalam Perda Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2050 yang mengamanatkan target 23% pada 2025.

"Pada tahun anggaran 2023 ada alokasi anggaran sebesar Rp 3,037 miliar. Dengan anggaran sebesar itu, mereka harus menyelesaikan 10.000 SS (satuan sambungan) tersisa. Belum lagi, mereka juga harus melakukan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian di bidang air tanah, pertambangan, serta ketenagalistrikan se-Ciayumajakuning. Semoga semua tupoksi Cabd
in Wilayah VII dapat tercapai dengan baik," pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar XII ini. (Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update