.

Sukses Ajang Cadisdik VII Awards,Disdik Jabar Apresiasi Siswa dan Guru


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) memberikan apresiasi kepada siswa dan guru yang kreatif dan inspiratif. Hal ini bertujuan agar meningkatkan semangat untuk terus menunjukkan yang terbaik di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan salah satu realisasinya yakni dengan memberikan apresiasi kepada warga sekolah melalui Cabang Dinas Pendidikan di Wilayah VII Jabar pada Selasa (12/12/2022) lalu. Pada kesempatan tersebut siswa dan guru PNS serta non PNS di Kota Bandung dan Cimahi mendapatkan award atas kontribusinya sepanjang 2022.

"Bagaimanapun guru itu harus diapresiasi. Jadi hari ini upaya sekecil apapun perlu diapresiasi dan award yang diberikan Cadisdik Wilayah VII ini bukan hanya untuk guru, tapi juga ada untuk siswa kreatif, guru inspiratif baik itu ASN dan non ASN," kata Dedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/12/2022).

"Dampaknya, mereka itu merasa karyanya itu dapat dilihat oleh orang lain, diapresiasi. Sehingga semangat untuk meningkatkan kreatifitasnya akan semakin tinggi yang kemudian dapat dirasakan oleh masyarakat," sambungnya.

Sementara itu, Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VII Jabar Firman Oktora mengatakan pada Cadisdik VII Awards 2022 terdapat 10 kategori yang diberikan yakni Siswa Kreatif, Guru Inspiratif, Kepala Sekolah Inovatif, Koordinator TU Kolaboratif, Pengawas Dedikatif, ASN Cabang Dinas Wilayah VII Produktif, Non ASN Cabang Dinas Wilayah VII Partisipatif, Bendahara Satuan Pendidikan Korektif, Operator Satuan Pendidikan Atraktif, dan Pengelola Aset Satuan Pendidikan Responsif.

"Ini merupakan salah satu inovasi dalam merepresentasikan ungkapan terima kasih dan penghargaan dari Cadisdik VII kepada sekolah, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan serta siswa pada jenjang SMA, SMK dan SLB di lingkungan Kota Bandung dan Kota Cimahi yang dikemas secara apik dan elegan," kata Firman.

Menurutnya, penghargaan ini diberikan bukan hanya bagi mereka yang masuk dalam nominasi kategori Cadisdik VII Awards 2022 saja. Namun penyelenggara Sekolah Swasta Peduli Dhuafa serta penyelenggara SMA Terbuka juga diberikan apresiasi.

Cadisdik VII sudah membaginya berdasarkan kriteria tertentu yang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Bahkan indikator pendukung untuk mendapatkan penghargaan juga ikut dalam penilaian, seperti aplikasi Kmob, Aktivitas TRK, dan hasil PPKKS.

"Ada juga jumlah like dan viewer pada media sosial serta hasil tinjauan tim penilai internal Cadisdik VII," jelasnya.

Firman menambahkan pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada insan pendidikan di lingkungan Cidisdik VII. Melalui penghargaan ini diharapkan mampu membuka ruang kreativitas warga sekolah lebih luas lagi.

"Harapannya acara ini menjadi tradisi untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka melanjutkan budaya saling mengapresiasi dan menginspirasi para SDM pendidikan," jelasnya.

Di sisi lain, Analis Kebijakan Ahli Muda Cadisdik Wilayah VII Jabar Nanang Wardhana menyambut baik penghargaan tersebut, khususnya untuk kategori Non ASN. Menurutnya, mereka memiliki etos kerja yang baik dan patut di apresiasi.

"Kategori Non ASN Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII adalah mereka yang aktif dan menunjukkan etos kerja yang baik dalam melayani administrasi pendidikan," kata Nanang.

Ajang Cadisdik VII Awards dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan seru seperti modern dance, live music, tari tradisional, dan lainnya dari para siswa SMA dan SMK di Bandung. Tidak ketinggalan guru-guru dari SLB juga turut meramaikan acara tersebut.