.

Aleg DPRD Jabar H. M. Achdar Sudrajat,Tinjau Progres Pembangunan "Underpass" Dewi Sartika Depok

Caption : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat H. M. Achdar Sudrajat, S.Sos (kedua kiri) saat kunker meninjau  lokasi underpass Dewi Sartika Depok 

DEPOK.LENTERAJABAR.COM,- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat yang membidangi Bidang Pembangunan, meliputi: Pekerjaan Umum (Kebinamargaan, Pengairan, Tata Ruang dan Pemukiman), Perencanaan dan Pengendalian, Pembangunan Regional, Pengelolaan Pelabuhan Laut dan Udara Regional, Perhubungan dan Telekomunikasi, Pertambangan dan Energi, Perumahan Rakyat, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Pengendalian dan Perlindungan Lingkungan Hidup.

Sesuai dengan tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) DPRD sebagai pengawasan selain budgeting dan legislasi .Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat  melakukan kunjungan kerja (kunker) meninjau lokasi underpass Dewi Sartika Depok Pada Wilayah UPTD Pengelolaan Jalan Dan Jembatan Wilayah I Kota Depok, Selasa (23/8/2022).

Komisi IV yang membidangi pembangunan ini meninjau lokasi pembangunan underpass (jalan tembus di bawah permukaan tanah) di perlintasan rel kereta api Jalan Dewi Sartika Kota Depok. Anggaran pembangunan ini berasal dari APBD Propinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan itu salah seorang Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat H. M. Achdar Sudrajat, S.Sos .mengatakan,peninjauan dilakukan untuk mengecek beberapa bagian pembangunan. Rencananya, pembangunan "underpass" tersebut akan rampung pada akhir 2022. 


Caption : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat H. M. Achdar Sudrajat, S.Sos (tengah) saat kunker meninjau progres pembangunan underpas Dewi Sartika Kota Depok. 

Lebih lanjut dikatakan Achdar Sudrajat politisi senior partai Demokrat ini mengungkapkan dengan adanya "underpass" Jalan Dewi Sartika ini yang dulu tiap menit harus berhenti (karena) ada lintasan kereta api sebidang yang bikin macet berkepanjangan.Insyaallah akhir tahun selesai sehingga bisa dipergunakan," tutur wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar 9 Kabupaten Bekasi ini.

Ditambahkan Sekretaris fraksi partai Demokrat DPRD Provinsi Jawa Barat ini diharapkan dengan proyek underpass ini juga sebagai jalur penyambung antarwilayah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Depok.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan proyek underpass Dewi Sartika memiliki panjang penanganan 970 meter dengan panjang underpass 470 meter. 

Ditambahkannya underpass ini akan memiliki dua jalur dengan lajur satu arah. Proyek underpass ini diharapkan akan menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Dewi Sartika ke arah Jalan Margonda Raya. "Pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika ini diharap dapat mengurai kemacetan, mengurai antrean yang disebabkan perlintasan kereta api," pungkas Bambang. (Rie/AdPar)