Notification

×

Iklan

Iklan

Rumah Seni Ropih, Pelopor Penjual Lukisan di Braga

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:51 WIB Last Updated 2022-07-21T07:51:47Z

Caption : seorang pengunjung sedang melihat lukisan di Rumah Seni Ropih jalan Braga

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Braga merupakan salah satu objek wisata di Kota Bandung. Ketika berkunjung ke Braga, anda akan menemukan banyak lukisan yang dijual di sepanjang jalan. 

Jauh sebelum itu, terdapat satu rumah seni yang menjadi pelopor penjualan lukisan di jalan Braga, yakni Rumah Seni Ropih. 

Rumah Seni Ropih merupakan rumah seni yang didirikan oleh seniman asal Bandung, yakni Abah Ropih pada tahun 2000-an. 

Menurut Tata (45), pengelola Rumah Seni Ropih menjelaskan, penjualan lukisan di Jalan Braga didasari keinginan untuk membuat pameran seni, namun terkendala dana. 

"Berawal dari niat untuk menunjukkan lukisan yang dibuat, namun untuk menunjukkan di pameran saat itu terkendala oleh dana karena pameran memerlukan banyak biaya. Sehingga muncullah ide untuk melakukan pameran di jalanan yaitu di Jalan Naripan depan Gedung Sarinah," ungkap Tata.

"Kemudian Abah Ropih mengajak seniman lain untuk ikut menunjukkan dan menjual karyanya hingga merambah di sepanjang Jalan Braga," sambungnya.

Saat ini terdapat sekitar 10 pedagang lukisan, dengan jumlah seniman hingga ratusan.

Braga dipilih sebagai tempat berjualan lukisan karena memiliki nilai sejarah bagi seniman di Kota Bandung. 

"Pementasan seni pertama di Bandung pun dilaksanakan di Braga sehingga Abah Ropih memilih Braga untuk berjualan lukisan," ungkap Tata.

Dengan adanya penjual lukisan di jalan Braga, membuat lebih banyak masyarakat yang tertarik dengan lukisan. Bahkan hingga menarik perhatian turis mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, hingga Eropa. (Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update