.

Kejari Kota Bogor Gelar Jaksa Masuk Sekolah,Beri Pendidikan Anti Korupsi

Caption : Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor saat memberikan materi anti korupsi pada siswa acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 3 Kota Bogor.

BOGOR.LENTERAJABAR.COM
,- Penanaman etika dan budi pekerti kepada pelajar sedari dini merupakan langkah tepat sebagai cara untuk mencegah tindak pidana korupsi, termasuk memberikan pendidikan anti korupsi sejak dini. 

Salah satunya dilakukan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor, yang menggelar program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMA Negeri 3 Bogor, di Jalan Pakuan Indah, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur.

Kepala Seksi Intelejen Kejari Kota Bogor Sigit Prabawa menjelaskan, JMS merupakan program Kejaksaan Agung RI dan jajaran Korps Adhyaksa, program ini merupakan upaya dan komitmen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara, khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar. 

"Salah satu langkah strategis dan efektif dalam terwujudnya revolusi karakter bangsa bidang pendidikan sebagai bagian tugas dan fungsi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor dengan menggelar program Jaksa Masuk Sekolah JMS) di SMAN 3 Kota Bogor ini," ujarnya kepada media, Kamis (21/7/2022).

Sigit menambahkan, program JMS ini sebagai bentuk pengenalan dan pembinaan hukum sejak dini. Sehingga anak-anak sekolah, anak-anak bangsa ini tidak terjerumus dengan pelanggaran hukum, seperti tawuran, narkoba dan masalah kriminalisasi lainnya.

"Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ditujukan untuk siswa SD, SMP hingga SMA untuk memperkaya pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan, serta menciptakan generasi baru taat hukum untuk tujuan Kenali Hukum Jauhkan Hukuman," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Pendidikan Anti Korupsi ini sebagai wujud nyata kinerja Pemerintah RI melalui program Nawa Cita point ke-8 yang berbunyi, melakukan revolusi karakter bangsa yang menitikberatkan pada revolusi karakter bangsa di bidang pendidikan nasional. 

Melalui pendidikan anti korupsi ini, diharapkan dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk memperluas wawasan dalam menambah pengetahuan, mengenalkan, dan menanamkan nilai-nilai kejujuran, bagi para pelajar sebagai penerus generasi bangsa Indonesia. 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin bulanan, dan ini pertama di tahun 2022, bagi para siswa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 3 Kota Bogor," pungkasnya. (Red/**)