.

Website Resmi Pemda Provinsi Jabar Versi Baru: Hadirkan Informasi Layanan Publik dan Berita Daerah Terpercaya

Caption : Tampilan baru Website resmi Pemda Provinsi Jawa Barat

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, -- Pemda Provinsi Jabar melakukan pembaruan terhadap portal jabarprov.go.id, baik dari segi tampilan, konten maupun fitur layanan informasi publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) Ika Mardiah mengatakan, ada empat menu utama yang diunggulkan saat ini.

Pertama, fitur Berita Jabar yang menghadirkan informasi terkini seputar Pemda Provinsi Jabar.

Kedua, menu Informasi Layanan Publik untuk memudahkan masyarakat dalam akses berbagai informasi layanan publik; 

Ketiga, menu Profil Jabar untuk mengetahui lebih dalam seputar data dan fakta menarik terkait Jabar;

Keempat, menu Dashboard Publik Jabar yang menyajikan visualisasi data strategis Jawa Barat yang sudah terstandardisasi dan dapat diakses dengan cepat tanpa melalui proses birokrasi yang rumit.

Ika menuturkan jika kemudahan mengakses informasi terkait Pemda Provinsi Jabar yang terintegrasi ini merupakan aktualisasi dari amanat Undang - Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Adanya inovasi dalam portal jabarprov.go.id ini merupakan aktualisasi dari Undang - Undang Keterbukaan Informasi Publik. Ini sejalan dengan komitmen Jabar sebagai provinsi informatif yang melakukan pengelolaan informasi yang lebih mudah diakses, akurat, dan dapat diandalkan bagi masyarakat, salah satunya melalui sarana konten informasi,” jelas Ika Mardiah di Bandung, Selasa  (7/6/2022).

Konten informasi dalam jabarprov.go.id berisi layanan publik, program unggulan dan berita daerah yang diperbarui secara berkala oleh perangkat daerah guna menghadirkan informasi yang terstandardisasi dan dapat diandalkan bagi warga Jabar.

Kini portal jabarprov.go.id dilengkapi dengan fitur Content Management System (CMS) yang diperuntukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pengelola dan penyedia informasi. 

Saat ini, terdapat lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemda Provinsi Jabar yang merupakan bagian dari pilot project Portal Jabar, yakni Dinas Pendidikan,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Pembaruan dilakukan sebagai upaya untuk menghadirkan informasi publik yang lebih mudah diakses, akurat, dan dapat diandalkan bagi masyarakat Jabar. 

Langkah ini menjadi perombakan terbesar bagi situs ini selama kurun waktu satu windu, karena sejak 2014 tidak mengalami perubahan cukup berarti.

Dalam perjalanannya mengembangkan portal terintegrasi, Pemda Provinsi Jabar mendapatkan pendampingan dari tim Government Digital Service (GDS), unit digital pemerintah Kerajaan Inggris.

Proses pendampingan ini yang pada akhirnya melahirkan Jabar Design System, sebuah standar desain produk dan kode pemrograman yang dapat memudahkan designer dan developer di Jabar untuk mengembangkan produk yang seragam namun tetap mengedepankan kebutuhan pengguna.

Dashboard Jabar, Visualisasi Data Interaktif dari Ragam Sektor

Melalui menu Dashboard Jabar, masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan visualisasi hasil olahan data secara interaktif dan real-time dari berbagai sektor, seperti: kesehatan, kependudukan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Visualisasi data ini juga menjadi sarana bagi publik wajib untuk dapat memahami setiap kebijakan, keputusan, dan program pemerintah, untuk menjunjung transparansi pemerintahan mulai dari legalitas, anggaran, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Ika Mardiah menerangkan jika visualisasi data dalam portal jabarprov.go.id juga menjadi rujukan Pemda Provinsi Jabar dalam merumuskan kebijakan publik agar lebih tepat sasaran.

“Visualisasi data ini terus dikembangkan untuk menyajikan analisis data yang membantu Pemda Provinsi Jabar dalam merumuskan kebijakan yang lebih terukur serta tepat sasaran, sehingga kebijakan akan lebih terasa kebermanfaatannya bagi masyarakat ” jelas Ika Mardiah.

Ika berharap di masa mendatang, portal jabarprov.go.id akan dapat terus berkembang dan terintegrasi dengan setiap OPD di lingkungan Pemda Provinsi Jabar sebagai perwujudan akselerasi layanan digitalisasi informasi satu pintu.(Rie/Red)