.

DPRD Jabar Setujui 3 Calon Daerah Otonom Baru,Gubernur Ridwan Kamil: Kita Usulkan ke Pusat

Caption : Pimpinan DPRD Jabar bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rapat paripurna DPRD Jabar pada Kamis (28/4/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jabar menyetujui tiga calon daerah persiapan otonom baru (CDPOB). Tiga CDPOB tersebut akan diajukan kepada pemerintah pusat.

Tiga CDPOB yang telah disetujui itu adalah Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan dan Garut Utara. Ketiganya disetujui menjadi CDPOB dalam rapat paripurna DPRD Jabar pada Kamis (28/4/2022).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan pembentukan CDPOB harus memenuhi persyaratan dasar dan administrasi. Setelah dua persyaratan tersebut terpenuhi, kemudian dilanjutkan untuk diusulkan ke pemerintah pusat.

“Seluruh pembahasan telah selesai (mendapatkan persetujuan DPRD). Maka tahapan selanjutnya, kami dengan semangat menyampaikan usulan tersebut kepada pemerintah pusat,” kata Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengapresiasi kinerja Ketua Pansus I dan anggota DPRD Jabar yang telah mengkaji seluruh persyaratan ketiga CDPOB. “Semuanya terselesaikan dengan bijaksana,” ucap Kang Emil.

Kang Emil mengatakan tahapan selanjutnya adalah kajian dari pemerintah pusat. Pemprov Jabar akan mengusulkan tiga CDPOB ini ke pemerintah pusat.

Apabila hasil kajian memenuhi syarat dan telah mendapatkan persetujuan DPR, serta DPD. Maka, pemerintah akan membentuk tim independen untuk mengkaji tujuh persyaratan dasar kapasitas daerah, seperti geografi, demografi, keamanan, ekonomi, tradisi dan lainnya.

“Tentunya jika pembentukan daerah persiapan terwujud, ini harapan kita. Efektivitas penyelenggaraan pemerintahan akan terwujud, terjadi peningkatan percepatan publik dan kesejahteraan masyarakat,” kata Kang Emil.

Sementara itu, Ketua Pansus I DPRD Jabar Sadar Muslihat mengatakan pemekaran Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan dan Garut Utara telah dibahas dalam rapat pleno pada April lalu.

“Ketiga daerah tersebut sangat layak untuk disetujui DPRD Jabar bersama gubernur sebagai CDPOB,” tutur politisi dari Partai Keadilan Sejahtera ini dalam sambutannya.(Rie/Red)