.

Plt Wali Kota Yana : Dorong REI Bangun Hunian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Caption : Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat memberikan keterangan kepada media seusai acara Pelantikan Komisariat REI Jabar, di Trans Luxury Hotel, Selasa 22 Maret 2022. 

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengajak Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (DPD REI) Jawa Barat untuk bersama membangun kawasan perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

"Kita (Pemkot Bandung) berharap REI membantu pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah," ujarnya pada Pelantikan Komisariat REI Jabar, di Trans Luxury Hotel, Selasa 22 Maret 2022. 


Ia mengatakan, lahan di Kota Bandung milik Pemkot Bandung cukup banyak. Seperti Rancacili, Cingised hingga Rusun Peralatan Daerah Militer (Paldam). 


"Kota Bandung disiapkan untuk rusun (rumah susun). Sebetulnya lahan di Bandung milik kita (Pemkot Bandung) ada Rancacili, Cingised, dan Paldam juga bisa dibangun. Sehingga ada subsidi dari Pemkot maupun pengusaha membantu juga untuk MBR," bebernya. 


Menanggapi hal itu, Ketua DPD REI Jawa Barat, Joko Suranto mengaku akan menyurvei sejumlah wilayah di Jawa Barat untuk hunian bagi MBR. 


"Kita melakukan pilot project untuk menyurvei detail juga hitungan kebutuhan rumah di Jabar," katanya. 


Ia mengatakan, pembangunan rumah di Jawa Barat mencapai 40.000 unit per tahun. Jumlah tersebut merupakan 35-40 persen dari suplai nasional.


"Karena penduduk Jabar tinggi dan manufakturnya juga banyak sehingga membutuhkan tempat tinggal," katanya.(Rie/Red)