.

Kak Atalia Ajak Masyarakat Sukseskan Jambore Nasional Gerakan Pramuka 2022

Caption : Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil 

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, -- Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk mensukseskan perhelatan Jambore Nasional ke-11 yang akan digelar di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, tanggal 14-21 Agustus 2022. 

Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar ini akan dihadiri sekitar 10.000  orang, dan direncanakan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabida) Gerakan Pramuka. 

"Saya mengajak semua pihak, mari sukseskan Jambore Nasional ke-11 Tahun 2022," kata Atalia usai menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2022, di Gedung Sarbini Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/3/2022). 

Namun terkait jumlah peserta Jamnas 11, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka selaku penyelenggara terlebih dulu akan melihat perkembangan pandemi COVID-19. 

Kepastian jumlahnya akan diputuskan kemudian, mengingat penyelenggaraan harus memenuhi unsur keamanan bagi semua pihak. Yang pasti perhelatan lima tahunan ini akan dihadiri perwakilan dari sejumlah negara. 

Logo dan maskot ofisial Jamnas 11 pun sudah disiapkan Kwarnas, bahkan sudah diluncurkan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso saat Rakernas berlangsung. 

"Logo dikreasi berdasarkan penggabungan bentuk dasar tunas kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka, angka 11 sebagai penanda kegiatan, dan hurup J mewakili kata Jambore," kata Budi. 

Ia menuturkan, Jamnas yang merupakan amanat Musyawarah Nasional Kwarnas Tahun 2018 merupakan agenda penting yang mempertemukan anak bangsa seluruh pelosok negeri. 

"Ini penting untuk mempertemukan anak bangsa seluruh penjuru yang beragam, tapi mereka tetap damai dan berkarakter unggul," ujarnya. 

Adapun Rakernas 2022 digelar untuk mengevaluasi hasil kerja tahun sebelumnya dan merumuskan program tahun berikutnya secara terarah, terukur dan berkesinambungan. 

"Rakernas kali ini mengusung tema "Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa. Artinya Gerakan Pramuka bertekad bulat mengabdi tanpa batas waktu dalam upaya membangun generasi muda Indonesia agar senantiasa melakukan Satya Dharma-nya," tutur Budi saat membuka Rakernas. 

Ia berharap, Rakernas 2022 menghasilkan program yang bernilai pengabdian dan kebermanfaatan bagi gerakan Pramuka, Bangsa dan Negara. 

"Semoga membuahkan hasil optimal bagi Gerakan Pramuka Indonesia," ucapnya. 

Rakernas yang digelar hingga 31 Maret 2022  dihadiri langsung peserta unsur nasional sebanyak 58 orang dan Kwarda 138 dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Sementara 340 peserta lainnya hadir secara daring. Rakernas diisi dengan sejumlah kegiatan, diantaranya penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang Sayembara Logo dan Maksot Jamnas 11, penghargaan kepada Duta Perubahan Perilaku Kwarda-Kwarcab, dan sidang pleno.(Red/**)