.

Gubernur Ridwan Kamil Dorong Kolaborasi ALTI Jabar Kembangkan Daya Tarik Wisata

Caption - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menyaksikan sekaligus memberikan sambutan dalam acara pelantikan Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) di Taman Hutan Raya, Kabupaten Bandung

KABUPATEN BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Pelantikan Pengurus Asosiasi Lari Trail Indonesia atau ALTI Provinsi Jabar Masa Bakti 2021-2025, di Taman Hutan Raya Djuanda, Kabupaten Bandung, Rabu (30/3/2022). 

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum ALTI Bima Arya sekaligus Wali Kota Bogor.  

Dalam sambutannya Gubernur berharap ALTI Jabar mengeksplorasi potensi keindahan alam Jawa Barat. Pemda Provinsi Jabar kini sedang  mengembangkan potensi daerah Jawa Barat bagian selatan. 

"Mengapa saya menyambut baik ALTI, diharapkan ada kolaborasi. Jawa Barat itu keindahannya luar biasa, tapi belum tereksplor. Kami saat ini sedang membangun jalan tengah selatan untuk membangkitkan ekonomi Jabar selatan yang tertinggal," kata Ridwan Kamil. 

Selain itu Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memaparkan pula mengenai 400 air terjun di Jabar yang siap untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata Indonesia. 

Menurutnya, konstruksi alam Jabar sangat berbeda (khas), ditambah pula dengan jumlah air terjun Jabar terbanyak se-Indonesia. 

"Jadi Jabar itu kalau memakai perspektif ekologis begini, dari tengah ke utara terlihat datar, maka peradaban manusia berkumpul disitu," tuturnya. 

"Sedangkan dari tengah ke selatan, medannya ekstrem, gunungnya curam. Nah, air terjunnya saja ada 400 terbanyak se-Indonesia. Ini potensi yang penting," tambah Kang Emil. 

Bima Arya mengatakan, Acara Pelantikan Pengurus ALTI Jabar menjadi momentum sinergi antara ALTI dan Pemda Provinsi Jawa Barat.

"Hari ini kita melantik pengurus ALTI Provinsi Jawa Barat sekaligus sembilan kota dan kabupaten. Ini Provinsi terbesar di Indonesia, sekaligus gudangnya atlet lari trail," kata Bima. 

"Kiita ingin bersinergi dengan program Gubernur mengenai Sport Tourism. Ini akan membangkitkan gairah aktivitas alam outdoor di Jawa Barat," imbuhnya. (Red/**