.

Aleg Iwan Hermawan: Kampanye Bank Sampah Perlu Diperluas

Ket. Foto: Anggota DPRD Kota Bandung, Iwan Hermawan menghadiri Peluncuran Program Bank Sampah Gober Mandiri, di Kelurahan Binong, Bandung, Selasa (22/2/2022). Jaja/Humpro DPRD Kota Bandung.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, -- Anggota Legislatif (Aleg) DPRD Kota Bandung, Iwan Hermawan berharap pengelolaan sampah di Kota Bandung semakin baik, terutama dengan hadirnya bank sampah di tengah masyarakat.

"Bank sampah merupakan salah satu solusi penanganan sampah, ini merupakan momentum yang baik," ungkapnya, pada Peluncuran Program Bank Sampah Gober Mandiri, di Kelurahan Binong, Bandung, Selasa (22/02/2022).

Menurut Iwan, pengelolaan sampah merupakan bukti kemajuan budaya di sebuah masyarakat. Terlebih dengan semakin maju dan bertambahnya penduduk di suatu wilayah.

"Awalnya belum menganggap sampah ini sebagai sebuah masalah. Tapi semakin maju dan banyak penduduknya, ini kemudian menjadi tantangan yang sangat berat," tuturnya.

Ia mengatakan, produksi sampah semakin besar setiap harinya, bahkan satu orang bisa sampai menghasilkan lima kilogram sampah setiap harinya.

"Bisa dibayangkan berapa ton yang dihasilkan setiap harinya di Kota Bandung. Dan bank sampah adalah salah satu solusi dan penting bagaimana membangun budaya kita memilah sampah," ujarnya.

Iwan menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat untuk melakukan daur ulang masih rendah, sehingga pemerintah perlu untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Apalagi dengan bank sampah ini, kita berpikir bagaimana sampah menjadi sesuatu yang menghasilkan, termasuk berdampak positif kepada lingkungan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemberian simbolis tong sampah dan peresmian dengan gunting pita ruang bank sampah di Kelurahan Binong. *