.

Aleg Faizal Narasumber Pada Forum Perangkat Daerah DKP Se Jabar

Caption : Anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid (kanan) Narasumber Pada Forum Perangkat Daerah  DKP Se Jabar di el Hotel Royale Bandung, jalan Merdeka No. 2 Kota Bandung,

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, - Tahun 2022, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat menyiapkan program terobosan perikanan budidaya dengan pendekatan inovasi pendanaan pembangunan kompetitif.

Konsep program menyasar target peningkatan saya saing sektor usaha kelautan dan perikanan menuju pemulihan ekonomi masa pandemi. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat, Hermansyah dalam sambutannya pada kegiatan Forum Perangkat Daerah di el Hotel Royale Bandung, jalan Merdeka No. 2 Kota Bandung, tanggal 22-23 Februari 2022. 

Hermansyah mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Barat yang hadir dan memberikan kontribusi kepada Pemprov Jawa Barat baik secara langsung maupun melalui kegiatan dekonsentrasi untuk kemajuan sektor kelautan dan perikanan, khususnya subsektor perikanan budidaya.

"Subsektor perikanan budidaya menjadi salah satu yang dianggap memiliki keunggulan komparatif, terutama potensi dari komoditas perikanan budidaya seperti undang, rumput laut, bandeng dan kerang hijau," kata Hermansyah.

Anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid, sebagai narasumber dalam pemaparannya mengatakan Forum Perangkat Daerah sebagai forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah perlu merumuskan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya. 

"Perikanan kelautan harus menjadi salahbsatu pilar kesejahteraan rakyat, karenanya sangat memerlukan program yang kreatif dan inovatif," kata Faizal. 

Keberhasilan program prioritas, kata dia, tidak akan dapat tercapai dengan baik tanpa adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk melakukan peningkatan kapasitas SDM tersebut, salah satunya dapat dilakukan melalui pelatihan budidaya perikanan bagi masyarakat.

Anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Jawa Barat tersebut berjanji akan terus mendorong program program Dinas Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan daya saing di sektor budidaya ikan hasil laut.

"Program pengembangan sentra produksi perikanan rakyat yang berskala usaha, program kemitraan akses pasar, manajemen data produk perikanan, penyediaan prasarana budidaya, kebijakan berbasis kuota dan kesejahteraan nelayan serta pengembangan perikanan budidaya berorientasi ekspor sangat kami dukung".

"Keberadaannya masih memungkinkan, tinggal pelaksanaannya saja, adapun terkait Perda nya sudah ada, mudah mudahan perlindungan nelayan bisa dilakukan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan, salah satunya melalui sertifikasi agar tidak tersingkirkan oleh pihak asing," harap Legislator asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi ini.(Rie/Adv)