.

Komisi X DPR RI : Penyelenggaraan PON di Papua Bernilai Strategis

Caption : Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, (tengah baju merah) dan sejumlah Anggota Komisi X DPR RI menghadiri penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. Foto: Eko/nvl

JAYAPURA.LENTERAJABAR.COM
,-- Komisi X DPR RI menghadiri penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua yang sedianya dilaksanakan tahun 2020 yang lalu, tertunda satu tahun akibat pandemi Covid-19. Pelaksanaan PON XX tahun 2021 ini, menjadi sangat penting, selain untuk menjaga kelanjutan prestasi atlet nasional maupun atlet daerah, PON Papua juga diharapkan menjadi momentum bagi terjaganya kondisi kesehatan dan kebugaran warga.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengatakan,bagi Komisi X DPR RI, kesuksesan PON di Jayapura, Mimika dan Merauke, sangat penting bagi terselenggaranya sport for all dan proses pembibitan atlet,ungkap politisi partai Demokrat ini di kutip di laman dpr.go.id,Senin (4/10/2021) 

Menurut mantan wagub jabar,PON tahun ini merupakan kejuaraan multievent nasional ke-20. Perwakilan Anggota Komisi X yang menghadiri sekaligus mengawasi penyelenggaraan PON di Papua antara lain Andi Muawiyah Ramly, Ledia Hanifah, Dewi Coryati, dan Illiza Saaduddin Djamal.

Penyelenggaraan PON di Papua pada 2-15 Oktober 2021, memiliki nilai strategis dari sisi percepatan pembangunan di wilayah Provinsi Papua, dari sisi ekonomi akan semakin berkembang melalui pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, bandar udara dan semakin meningkat sektor informal seperti hotel, restoran dan jasa pariwisata.

Dari sisi sosial-budaya, akan terjadi interaksi sosial yang masif, di mana masyarakat Papua akan dikunjungi dan berinteraksi dengan saudara-saudara sebangsanya dari seluruh wilayah Tanah Air. Sedangkan dari sisi politik, akan mengembalikan kepercayaan masyarakat Papua terhadap pemerintah nasional sekaligus mengukuhkan rasa nasionalisme Indonesia di kalangan masyarakat Papua.

Sebelum pandemi melanda seluruh wilayah di Indonesia, Komisi X DPR RI pernah membentuk Panja Persiapan PON XX di Papua. Panja Persiapan PON Papua, merekomendasikan 11 rekomendasi terkait beberapa sukses yang harus diraih, terutama sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

Selain sukses penyelenggaraan dan prestasi, PON XX juga wajib menargetkan sukses administrasi tanpa meninggalkan masalah hukum, sukses ekonomi bagi masyarakat setempat dengan memanfaatkan momen PON XX sebagai pembangkit peningkatan ekonomi masyarakat, sukses memasyarakatkan olahraga terutama dalam mencegah kembali meluasnya pandemi Covid-19.

Selanjutnya adalah sukses pasca-event, yaitu dengan pengelolaan venue-venue pertandingan pasca penyelenggaraan PON XX 2020, sehingga infrastruktur olahraga yang telah terbangun tidak terbengkalai dan dapat bermanfaat secara maksimal bagi kemajuan olahraga di daerah. 

Situasi keamanan di Provinsi Papua juga menjadi isu utama menjelang PON XX Papua 2021. Tetapi Komisi X DPR RI percaya, bahwa aparat keamanan, baik Polda Papua maupun Kodam XVII/Cendrawasih mampu menjamin keamanan dan ketertiban.