.

Ketua DPR RI Puan: PON XX Papua Bukti RI Bisa Menang Lawan pandemi COVID-19

Caption : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Stadion Lukas Enembe, saat Pembukaan PON XX Papua di Jayapura, Sabtu (2/10/2021).(foto istimewa)



JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi pembukaan PON XX Papua yang digelar secara meriah, dengan berbagai penampilan seni dan budaya, namun tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Puan melihat perhelatan PON XX Papua sebagai bukti bahwa Indonesia bisa 'menang' melawan pandemi COVID-19.

"Satu kata untuk pembukaan PON XX, 'hebat! sangat Papua, sangat Indonesia'. Torang bisa buat acara besar nasional yang rapih dan bagus, meskipun di tengah pandemi," kata Puan seperti dalam keterangan turtulisnya, Minggu (3/10/2021).

Pujian tersebut dilontarkan Puan dalam pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, kemarin. Puan hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka PON XX Papua secara resmi.

Ketua DPP PDIP itu menjelaskan PON XX Papua merupakan perhelatan skala nasional pertama sejak Indonesia memasuki pandemi COVID-19.

"PON XX di Papua menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menang melawan Pandemi COVID-19, asalkan kita disiplin, bertekad keras, dan bergotong royong," tuturnya.

Puan mengatakan penyelenggaraan PON XX Papua merupakan hasil kerja sama apik dari berbagai pihak. Masyarakat Papua juga berperan besar atas suksesnya PON XX.

"PON XX di Papua adalah perayaannya bangsa Indonesia yang melibatkan gotong royong begitu banyak Kementerian/Lembaga dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, atlet, pelatih, tenaga medis, dan berbagai elemen bangsa," ungkap Puan.

Puan meyakini PON XX Papua akan memperkokoh semangat kebersamaan. Ia juga memberikan dukungan bagi seluruh atlet agar bisa bertanding dengan baik untuk mengharumkan nama daerahnya masing-masing.

"PON mempersatukan Indonesia karena antar-daerah berkompetisi dengan semangat menjaga NKRI," tutur Puan.

"Dengan semangat sportivitas, maka persaingan olahraga justru dapat menguatkan rasa kekeluargaan dan persatuan," tambah Cucu Proklamator Bung Karno itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi membuka PON XX Papua 2021. Jokowi mengaku bangga membuka PON XX, yang merupakan gelaran PON pertama di Papua.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, PON XX Papua secara resmi dibuka," ujar Jokowi dalam siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

"Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," tambahnya.

Jokowi mengajak agar PON ini diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ajang ini juga diminta menjadi ruang menjalin kebersamaan.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini," kata Jokowi . (Red/**)