.

Jabar Juara Umum Bersama POTRADNAS VIII 2021

Caption : Kontingen Jabar  pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional 

BELITUNG.LENTERAJABAR.COM
,-- Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII di Kabupaten Belitung 21-24 Oktober 2021 menghantarkan Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi juara umum bersama dengan Provinsi Banten setelah sama-sama meraih 2 medali emas dan 1 medali perak.

Jabar meraih medali emas pada cabang olahraga egrang dan katapel, serta medali perak pada cabang olahraga lari balok. Sementara raihan emas diperoleh Banten pada cabang olahraga panahan tradisional dan lari balok, serta perak pada cabang olahraga sumpitan. Perolehan medali ini menjadi yang terbaik di antara 22 peserta yang ada, sehingga menempatkan Jawa Barat dan Banten sebagai Juara Bersama.

Pimpinan kontingen Jawa Barat, yang juga Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Jabar, Dadang “Ronda” Abdulrakhman bersyukur atas raihan Juara Umum Bersama ini, karena untuk ajang kali ini semua kontingen tidak dapat saling memprediksi kekuatan masing-masing.

“Target kami sebenarnya 3 emas, tapi meskipun meleset, Saya merasa bersyukur Jawa Barat tetap bisa meraih Juara Umum Bersama dengan Provinsi Banten. Atlet kita sudah memberikan performa terbaiknya dalam ajang ini,” ujarnya.

Dadang juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat menyelenggarakan ajang POTRADNAS VIII ini. Menurutnya ajang kali ini terselenggara lebih baik dibandingkan dengan POTRADNAS sebelum-sebelumnya.

“Terima kasih terhadap semua yang terlibat dalam acara POTRADNAS kali ini, atas penyelenggaraannya yang baik serta pelayanan yang sangat prima terhadap tim kami. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih banyak cabor yang dipertandingkan,” tuturnya.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta saat menutup Potradnas VIII Tahun 2021 di Belitung itu mengatakan,Ajang Potradnas ini menjadi pintu masuk lebih dalam bagi perkembangan sport tourism Indonesia kedepannya.

Kombinasi antara olahraga tradisional khususnya dan olahraga lain pada umumnya dengan pariwisata itu, sejalan dengan konsep yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam peringatan Haornas 2021 lalu.Demikian dikatakan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.

Lebih lan jut dikatakannya, jika olahraga tradisional ini erat kaitannya dengan budaya dan pariwisata. Akan tetapi, dirinya tak hanya tertuju kepada olahraga tradisional saja, namun juga olahraga rekreasi maupun olahraga prestasi,pungkasnya.(Rie/Red)