Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Dan Stakeholder Kota Bandung Peduli Palestina

Rabu, 02 Juni 2021 | 19:14 WIB Last Updated 2021-06-04T12:24:11Z

Caption : Wali Kota Bandung, Oded M. Danial

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan dukungannya terhadap gerakan kemanusiaan atas tragedi yang terjadi di Palestina. 

Tak hanya Wali Kota Bandung, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, MUI Kota Bandung, Forum RW, dan LPM Kota Bandung juga menyatakan hal yang sama.

Oded menyatakan, Kota Bandung pernah menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika pada tahun 1855. Pada konferensi itu menghasilkan Dasa Sila Bandung. Salah satunya menghormati Hak Azasi Manusia. 

"Palestina salah satu negara yang mengaku dan mendukung kemerdekaan Indonesai. Tragedi palestina adalah salah satu tragedi kemanusiaan yang perlu mendapatkan perhatian kita semua. Kita harus peduli terhadap penderitaan rakyat Palestina," kata Oded.

Untuk itu, Oded mengajak seluruh warga Kota Bandung untuk mendukung gerakan kemanuasiaan dan mendukung peduli Palestina

"Mari kita ringankan penderitaan mereka dengan doa, serta menyisihkan sebagian harta kita kepada mereka sebagai wujud dukungan terhadap gerakan kemanusiaan yang terjadi di Palestina," tutur Oded.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung, KH MIftah Faridl.

"Kita adalah saudara yang harus saling mendukung. Kita harus berjuang bersama mereka. Mari kita menyisihkan sebagian harta kita untuk mereka sebagai wujud dukungan terhadap gerakan kemanusiaan yang terjadi di Palestina," pintanya.

Sementara itu, FKUB Kota Bandung menegeluarkan tiga pernyataan terkait Palestina. 

Sesuai dengan Pancasila dan sebagai bangsa yang memiliki pembukaan UUD 1945 maka demi kemanusiaan dengan ini Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Bandung menyerukan 

1. Pihak yang bertikai, Israel dan Palestina untuk menghentikan peperangan dan segera mencari solusi damai dari permasalahan yang ada.

2. Para korban tragedi kemanusiaan di Palestina perlu mendapatkan perhatian dan bantuan kita semua. Oleh karena itu, FKUB Kota Bandung turut mengajak dan mendukung gerakan kemanusiaan Bandung peduli Palestina sebagai perwujudan pengamalan sila kedua pancasila, kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Mengajak segenap elemen umat beragama di Indonesia dan khususnya Kota Bandung untuk mendoakan bagi kebaikan dan perdamaian di Palestina.

Sedangkan Ketua Forum RW Kota Bandung, Robbiana D. Awalludin juga menyatakan hal yang sama.

"Mari kita dukung gerakan kemanusiaan Bandung peduli Palestina. Bersama kita ringankan penderitaan mereka dengan menyisihkan sebagian harta untuk mereka sebagai wujud dukungan terhadap gerakan kemanusiaan yang terjadi di Palestina," ajaknya.

Di kesempatan yang lain, Ketua LPM Kota Bandung, Meidi Hajiji juga mengajak warga Kota Bandung meringankan penderitaan rakyat Palestina.

"Kita bantu mereka dengan memberikan dukungan baik moril maupun materiil," imbau Merdi.(Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update