Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Inovasi , Pandemi Membawa Hikmah Bagi Pelaku UMKM

Rabu, 03 Februari 2021 | 12:51 WIB Last Updated 2021-02-03T05:51:22Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,--Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kembali menyapa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Selasa 2 Februari 2021. Hal ini dilakukan untuk ketangguhan para pelaku UMKM menghadapi pandemi Covid-19.


Kali ini Yana berkunjung ke industri makanan rumahan, Kirihuci Snack, berempat di Jalan Merkuri Indah Timur no. 18. 

Kirihuci Snack merupakan produk binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung. Kirihuci Snack memproduksi makanan ringan olahan umbi, lebih spesifiknya yakni ubi Cilembu. 

Mereka mengemas produknya dengan cukup menarik. Mereka juga menyediakan keripik ubi Cilembu ini berbagai varian rasa.

Di antarnya, original, balado, ubi ungu, pedas, jagung bakar, cabe hijau, keju, karamel dan BBQ. 

"Keripik, ubi Cilembu, itu juga bagus. Dia (UMKM) ikuti pelatihan dari Disdagin, potensinya juga sudah ekspor," kata Yana di sela-sela kunjungan. 

Yana juga menyambangi Rob One Budi Jaya Motor, di Jalan Rancabolang kecamatan Rancasari. Selain bengkel motor, Rob One Budi Jaya Motor juga berinovasi membuat sepeda, baik lipat maupun costum.

"Di masa pandemi ini, euforia pesepeda luar biasa. Ini berinovasi memproduksi sepeda handmade," katanya. 

Menurutnya, pandemi ini menjadi hikmah bagi masyarakat untuk terus berinovasi dan berkolaborasi untuk memberikan kemanfaatan. 

"Di tengah pandemi covid-19 ini tidak boleh berhenti berinovasi. Mari terus inovasi sekaligus berkolaborasi. Ini semua menjadi inspirasi para UMKM," tuturnya.

Sementara itu, Pemilik Rob One, Sutrisno menyampaikan, produknya merupakan hand made. Berbagai model pun ia buat, dari sepeda lipat, sampai custom. 

"Saya buat ini sendiri. Saya juga sudah tes di jalan jalan datar, tanjakan, dan turunan. Kita cek mana saja yang kurang. Jika sudah pas baru kita buat," katanya. 

"Soal harga, ya ikuti model saja. Termasuk spare part di dalamnya," tambah Sutrisno.

Selain dua lokasi tersebut, Yana juga menyempatkan berkunjung ke PT. Tekad Mandiri Citra (TMC). Perusahan ini merupakan produsen, importir dan distributor obat hewan di Jalan Mekar Raya, Kawasan Industri Kavling 9, Kecamatan Panyileukan.

Namun, di masa pandemi covid-19 perusahaan tersebut Tim TMC dan Tim Unpad terpanggil mengembangkan antibodi sebagai material bahan baku rapid test berbasis serologis yang mampu menangkap antigen Covid-19 (antigen capture).(Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update