Notification

×

Iklan

Iklan

Citilink Buka Rute Baru Ddar Husein, Daddy : Mati Suri Kian Pasti

Senin, 17 Agustus 2020 | 14:22 WIB Last Updated 2020-08-17T07:22:43Z

Daddy Rohanady anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,--Sangat disayangkan," demikian komentar singkat anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady. Hal itu diungkapkannya pada Senin (17/08/2020) terkait pembukaan rute baru Citilink dari Bandara Husein Sastranegara ke beberapa tujuan di luar Jawa.

Daddy menyayangkan keputusan tersebut, "Pada Hari Kemerdekaan ini mulanya saya berharap mendapat kado istimewa untuk BIJB Kertajati. Lha kok kebijakannya malah seperti ini?"
Citilink memang membuka rute baru untuk beberapa rute ke luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara. Penegasan tersebut disampaikan Dirut Citilink Juliandra. Citilink akan membuka rute Husein ke Denpasar, Palembang, Pekanbaru, Medan, Balikpapan dan sebaliknya.

"Saya berharap Kertajati diberdayakan secara lebih optimal. Dengan demikian, bandara kebangaan Jawa Barat tersebut akan lebih hidup. Lha kalau begini, pasti hanya akan memperpanjang mati suri," ujar dewan dari dapil Cirebon-Indramayu tersebut.

"Mana mungkin Kertajati bisa berkembang jika rute-rute yang cukup banyak peminatnya tersebut justru berangkat dari Husein? Kalau kebijakannya seperti ini, pasti Kertajati tak akan berkembang sampai kapan pun," tegas Daddy.

Memang sejumlah kendala masih harus diselesaikan jika BIJB Kertajati akan dioptimalkan fungsinya. Bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka tersebut memang belum memiliki beberapa sarana dan prasarana layaknya sebuah bandara internasional. 

BIJB Kertajati hingga saat ini belum memiliki, atau paling tidak berdwmekatan dengan, sebuah rumah sakit, hotel, pertokoan besar/mall. Apalagi kalau bandara seluas 1.000 hektare tersebut akan menjadi embarkasi haji. Asrama haji yang sedang dibangun di Kabupaten Indramayu harus dipercepat pembangunannya.

Dari sisi potensi, memang BIJB Kertajati sangat strategis. Betapa tidak, Jabar adalah provinsi yang mengirim jumlah jamaah haji terbesar setiap tahunnya. Demikian juga dengan jumlah jamaah umrah dari 27 kabipaten/kota di Bumi Parahyangan itu. Sayangnya, sekali lagi hal itu terkendala masalah belum tersedianya sarana/prasarana penunjang.

Ada satu lagi yang harus segera diselesaikan, yakni jalan Tol Cisumdawu. Seandainya tol di bagian timur Jabar tersebut selesai, warga Jabar selatan dari bagian timur tidak perlu lagi harus melingkar atau berputar ke Cikampek/Karawang. Mereka tinggal lurus saja dari selatan ke utara. Waktu tempuh yang dibutuhkan pun akan terpangkas dari 4-5 jam hanya menjadi 1,5 jam saja.

"Jadi, menurut saya, Tol Cisumdawu harus segera diselesaikan paralel dengan sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan. Itu semua butuh goodwill pemerintah pusat," pungkas Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar ini.(Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update