.

Agar Produk Terkenal bank bjb Latih UMKM Branding Merek Dagang

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,–bank bjb kembali menggelar pelatihan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui agenda Bincang Jumat Bisnis Online yang rutin dilaksanakan setiap pekan. Pelatihan yang merupakan bagian dari program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PESAT) Divisi UMKM bank bjb dilaksanakan pada Jumat (14/8/2020), via aplikasi ZOOM Cloud Meetings.

Webinar tersebut diselenggarakan bagi UMKM yang berada di wilayah Jabodetabek dan Banten. Mengambil tema “Merek Dagang Memikat Hasil Penjualan Meningkat”, webinar kali ini mencoba memberikan tentang strategi branding dan pengelolaan merek dagang sebuah produk agar dapat mencuri perhatian dan dikenal luas oleh publik.

Seperti webinar-webinar yang telah lalu, materi seminar online kali ini dibawakan oleh profesional yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi mentereng di bidangnya. Materi pengelolaan merek dagan dalam seminar dibawakan oleh Owner Mie Janda Coach Haris. Coach Haris juga dikenal sebagai Founder SOBAT Institute, Certified Trainer Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan Jawara UMKM 2017 bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan pelatihan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian bank bjb terhadap para pelaku UMKM. Peningkatan kapasitas pengetahuan para pelaku usaha dinilai penting terutama untuk menghadapi cakrawala usaha baru yang mengalami sejumlah pergeseran sebagai dampak situasi pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 telah sedemikian rupa memberikan pengaruh pada dunia bisnis di berbagai level dan sektor. Karena itu, perlu ada pembaruan paradigma dan strategi dalam menghadapi cakrawala usaha khususnya di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) agar hasil lebih optimal dapat diperoleh," kata Widi.

Dalam pelatihan itu, Coach Haris memaparkan peran penting merek dagang dalam yang berfungsi untuk membentuk nilai, citra positif produk atau usaha yang dibangun. Merek dagang juga berfungsi sebagai alat komunikasi dasar agar produk dapat dikenali konsumen.

Coach Haris turut membagikan sejumlah tips agar merek dagang produk UMKM dapat dikenal luas. Tips tersebut dibagikan berdasarkan pengalamannya membangun merek, khususnya Mie Janda yang saat ini menjadi primadona. Mie Janda milik haris menjadi salah satu produk kuliner yang sempat viral sehingga diburu pembeli, mendapat review dari food vlogger, dan bahkan diliput sejumlah media kenamaan.

Kesuksesan Coach Haris dalam membangun usahanya ini diharapkan akan menginspirasi para UMKM peserta pelatihan untuk mengikuti jejaknya. Webinar ini diharapkan pula akan membangun atau mengukuhkan kesadaran akan pentingnya membangun merek dagang bagi para pelaku UMKM. Dalam konteks yang lebih umum, pelatihan ini memberi bekal pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk menjalankan strategi usaha sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan UMKM. *