.

Mantap Melalui Edusmart, bank bjb Kolaborasi Dengan Disdik Cianjur Untuk Permudah Pelajar

CIANJUR.LENTERAJABAR.COM, – Kebutuhan akan sarana pendidikan yang berkualitas mutlak diperlukan guna menunjang perkembangan intelektualitas para siswa sebagai generasi penentu masa depan bangsa. Guna memberikan alternatif solusi atas kebutuhan tersebut, bank bjb terlibat dalam inovasi dan kolaborasi untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan nasional.

Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, bank bjb menghadirkan aplikasi Edusmart sebagai sarana digital manajemen pembelajaran siswa. Aplikasi Edusmart ini merupakan sistem manajemen siswa terintegrasi yang menyediakan sejumlah fasilitas untuk menunjang kegiatan pengawasan dan pembelajaran siswa di sekolah.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan aplikasi Edusmart ini merupakan sebuah terobosan yang hadir untuk mengakselerasi kualitas pendidikan di tanah air. Keberadaan Edusmart juga dinilai sangat relevan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman.

"Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu faktor penentu yang menunjang kualitas siswa peserta didik. Sebagai ikhtiar untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, khususnya dalam rangka menghadapi era Revolusi Industri 4.0, bank bjb berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur menghadirkan Edusmart untuk mendorong optimalisasi potensi para siswa," kata Widi.

Berdasarkan rencana, penerapan Edusmart ini diimplementasikan di seluruh sekolah negeri tingkat SD, SMP dan SMA di Cianjur. Adapun bank bjb berperan untuk membantu implementasi dan bisa memanfaatkan potensi sekolah.

Keberadaan aplikasi ini akan dapat memudahkan orang tua, guru dan lembaga pendidikan dalam memantau proses belajar mengajar siswa di sekolah. Terdapat sejumlah fitur pada Edusmart, di antaranya absensi online, e-learning, pengaturan jadwal belajar mengajar, akses nilai siswa secara online, video meeting, pengawasan CCTV di ruang kelas, dan pendaftaran dan penerimaan siswa baru secara online.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pencatatan tabungan siswa. Para siswa dan orang tua dapat melihat saldo tabungan melalui aplikasi ini. Aplikasi Edusmart juga telah terintegrasi dengan layanan Edupay untuk pembayaran SPP milik bank bjb. Sehingga pembayaran iuran wajib sekolah juga bisa dilakukan.

Dengan fitur yang serba canggih ini, para peserta didik, orang tua, dan para guru dapat memanfaatkan sebaik-baiknya aplikasi ini untuk kebutuhan pendidikan. Di sisi lain, Edusmart juga dapat menjadi sarana edukasi penerapan sistem transaksi cashless khususnya kepada siswa.

"bank bjb memiliki kewajiban melakukan inklusi dan edukasi keuangan kepada generasi muda, termasuk para siswa di sekolah agar dapat menjadi generasi cashless di masa depan. Seiring dengan kehadiran teknologi penunjang, diharapkan juga hal tersebut dapat mengubah paradigma dan kebiasaan para siswa di segala bidang sehingga menjadi lebih berkualitas dan efisien," tutup Widi. **