.

Pemdaprov Jabar Konsen Lakukan Penataan Citarum

Caption : Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin saat menjelaskan pekerjaan hulu citarum pada acara Jabar Punya Informasi ( JAPRI ) ke-59 di Lobby Lokantara Gedung Sate Kamis sore, 16 Januari 2020.
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berkomitmen dan konsen dalam upaya untuk menyelesaikan pekerjaan Citarum bagian hilir di tahun 2020. Tahun sebelumnya (2019), telah rampung menyelesaikan bagian hulu.

Demikian hal tersebut mengemukan pada acara Jabar Punya Informasi ( JAPRI ) ke-59 dengan tema Penanganan banjir di Jawa Barat di Lobby Lokantara Gedung Sate Kamis sore, 16 Januari 2020.
 
Menghadirkan Narasumber 1. Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim - ketua harian Satgas PPK DAS Citarum  2. Dr. Ir. Prima mayaningtias, Sekretaris DLH Jabar 3. Linda Al Amin, S.T., M.T - Kadis SDA Jabar 4. Bambang Hidayah, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane
5. Dedi Hendrawan - Kabid PDAS Dishut Jabar
 
Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin mengatakan, pekerjaan hulu sungai Citarum, pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan terowongan Nanjung Curug Jompong.

Lebih lanjut Linda mengatakan,dengan terwongan nanjung terbukti akhir tahun 2019 banjir di kawasan Bandung Selatan tertanggulangi,tuturnya seraya menambahkan  secara umum untuk bagian hulu sungai Citarum sudah selesai dikerjakan. Hanya beberapa kecil non teknis yang akan dituntaskan pada tahun 2020.

Menurutnya terkait non teknis  seperti pekerjaan struktural yang akan dikerjakan tahun ini.Sementara untuk tahun 2020 ada pekerjaan besar yang akan direalisasikan, khusunya bagian hilir sungai Citarum di Karawang, yaitu Cilamaya. Kemudian kata Linda, bendungan Cibeet Kabupaten Bogor.

Ditambahkannya pekerjaan ini lintas kabupaten dan masalah pada pemanfaat antara kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Bekasi. Ini perlu koordinasi antara Pemda, Pemprov dan pemerintah pusat,” terang  Linda.

Namun akan ada pembangunan waduk Cijuray Bogor sebagai konfensasi dari pembangunan bendungan Cibeet. Lanjut Linda, ke depan Cijuray akan dirasakan oleh masyarakat Bogor sebagai irigasi.

” Kami harap bisa selesaikan Cibeet. Setelah itu, baru ke waduk Cijuray hingga nanti tahun 2021,” pungkas Linda.(Rei/Red)