.

PSSI Menunjuk Shin Tae-yong Menjadi Pelatih Timnas

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM,- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)  di bawah kepemimpinan Moch Iriawan atau yang dikenal Iwan Bule telah menetapkan  pelatih   timnas Indonesia Shin Tae-yong .

Shin Tae-yong menilai, Indonesia memiliki harapan besar untuk lebih berprestasi lagi di level  internasional. 

"Saya tetap melihat ada harapan dan saya minta tolong rakyat Indonesai untuk terus dukung Timnas agar bisa maju. Pada 2021 akan ada Piala Dunia di Indonesia. Saya harap, semua berjalan maksimal agar bisa lolos dari fase grup," ujarnya. 

Tae-yong mengaku sebenarnya dia tidak buta 100 persen akan budaya dan iklim sepak bola Indonesia. Dia sudah pernah bermain di Indonesia pada 1994 lalu di Bandung. Ketika itu dia merasakan besarnya dukungan publik Indonesia untuk sepak bola. Ramah dan baik. 

Lalu di 2015 kembali datang ke Indonesia sebagai pelatih U-22 Korea. Di laga itu, walau Korea menang, permainan Indonesia dilihat juga bagus. 

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melihat harapan lewat laga tersebut. Semua target untuk turnamen tentu juara. Tapi bisa juga nanti hasilnya tidak juara. Belum tentu juga. Saya dan PSSI akan komit untuk mendukung lebih maju ke depan," imbuh Tae-yong.

Tae-yong mulai bekerja pada 6 Januari mendatang. Dia akan langsung memilih 60 pemain untuk mengikuti Pemusatan Latihan (Pelatnas) pertama pada 13 Januari tahun depan. Pemain yang diincarnya adalah gabungan pemain U-20 yang kemarin bermain di SEA Games 2019 dan pemain senior. 

"Saya akan mengumpulkan 60 pemain pada 13 Januari nanti untuk melihat kualitas mereka. Untuk saat ini saya tidak bisa berkomentar banyak soal Timnas, tapi saya lihat pemain muda Indonesia bisa bersaing dengan senior," ucapnya. 

Lalu bagaimana dengan naturalisasi, dia mengatakan bahwa naturalisasi atau bukan sama saja. Pemain tidak akan terpilih jika seseorang yang egois. Hanya pemain yang menurutnya mau mengorbankan diri untuk timnas dan selalu bersemangat yang akan terpilih. 

Sebelum dirinya memanggil pemain, Tae-yong mengaku akan berbicara dengan Indra Sjafri untuk mendapatkan masukan. Sebelumnya mereka juga sudah berbicara tentang kelemahan pemain Indonesia. Bukan hanya Indra, Tae-yong juga akan berbicara dengan Fachri Husaini.(Rel/Red)