.

Harganas 2019, Sekda Lepas 30 MUPEN KB Untuk Masyarakat

BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Memperingati hari keluarga nasional(Harganas) ke-26 tahun 2019, badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN) provinsi Jawa Barat, menggelar berbagai kegiatan salah satu rangkaiannya road show mobil unit penerangan(Mupen) sejabar ke kabupaten Sukabumi.Tempat pelaksanan puncak Harganas Tingkat Jabar di Dipusatkan di Lapang Cangehgar Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi.Rabu (29/08/2019). 

Road show tersebut dilepas Plh sekda Jabar Daud Ahmad di halaman gedung sate kota Bandung,Senin(26/8/2019).Selain untuk mengikuti peringatan puncak harganas, road show mupen pun digelar sebagai bentuk sosialisasi program bkkbn kepada masyarakat, sepanjang perjalanan bandung-karawang.Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat melepas 30 tim Mobil Unit Penerangan (MUPEN) Keluarga Berencana (KB) se Jawa Barat di Halaman Gedung Sate Kota Bandung,Senin (26/8).

Mobil Unit Penerangan KB Roadshow Ayo Cegah Stunting (MUPEN RACING) merupakan kegiatan Promosi dan Sosialisasi dalam bentuk aktivitas KIE (Komunikasi, Informasi Edukasi) program pembangunan Jawa Barat berbasis kependudukan dan ketahanan keluarga, terutama mengenai pencegahan stunting dengan mengoptimalkan 100 Hari Pertama Kehidupan (HPK) kepada masyarakat di 3 kabupaten yang dilalui oleh tim roadshow.

Kegiatan ini juga merupakan aktivitas KIE below the line yang menyentuh langsung ke lini lapangan. Diikuti oleh 30 MUPEN dari kabupaten/kota se-Jawa Barat serta MUPEN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Start dari Bandung (Gedung Sate) – Titik 1. Kabupaten Bandung. – Titik 2. Kabupaten Cianjur. – Finish Kabupaten Sukabumi (Pelabuhan Ratu).

Karena sifatnya adalah roadshow KIE, di dalam acara akan ada Pemberian Materi terkait Pencegahan Stunting kepada masyarakat dengan mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) oleh Narasumber. Sosialisasi dan KIE dilaksanakan selama 3 jam dengan hiburan dan pembagian doorprize kepada masyarakat. 

Pada setiap titik juga akan diserahkan bantuan kepada Pengelola Kampung KB yang dilewati oleh Tim MUPEN RACING. Pada setiap titik sosialisasi juga akan diramaikan oleh OB Van setempat. Sebelum acara dapat dilakukan wawar (pengumuman) pelayanan KB kepada masyarakat dalam rangka menyambut hari keluarga nasional di masing-masing kabupaten.

Daud Ahmad mengatakan, MUPEN KB ini akan melakukan perjalanan di Kota/Kabupaten se Jawa Barat untuk memberikan informasi mengenai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Masyarakat Jawa Barat ternyata sangat berkesan dan sangat merasakan manfaatnya itu dari MUPEN terkait dengan petugas KB yang melalui Mobil Unit Penerangan ini memberikan informasi terkait dengan masalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Daud.

Ada tiga hal yang penting yang dilakukan oleh MUPEN KB ini, diantaranya adalah menerangkan bagaimana orang tua termasuk juga remaja, untuk menunda perkawinan supaya sesuai dengan ketentuan dalam rangka untuk kesehatan masyarakatnya.

"Selanjutnya adalah bagaimana supaya mengendalikan kelahiran dengan berbagai cara supaya kesehatan reproduksi dan rumah tangga yang sehat," katanya.

Dan yang terakhir adalah bagaimana MUPEN KB ini memberikan masukan, informasi, dan juga solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Yaitu bagaimana keluarga bisa mencari nafkah. Ketiga hal inilah yang tentunya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Ari/Red)