Notification

×

Iklan

Iklan

Bawaslu Libatkan Mahasiswa Awasi Pelaksanaan Pemilukada

Senin, 23 April 2018 | 20:34 WIB Last Updated 2018-04-23T22:44:42Z
BANDUNG,LENTERAJABAR,COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa (Barat membentuk Gerakan Pengawasan Partisipatif dari kalangan mahasiswa terhadap pelaksanaan Pilkada serentak 2018. Dengan menggaet para mahasiswa ini, Bawaslu berharap mereka bisa berperan mengawasi pilkada dari segala bentuk kecurangan.

"Mahasiswa ini bertugas selain mengawasi juga melaporkan jika terjadi pelanggaran kepada Bawaslu yang ada di wilayahnya masing-masing," kata Ketua Bawaslu Jawa Barat Harminus Koto dalam Rakor Pembentukan Gerakan Pengawasan Partisipatif Mahasiswa Jabar pada Pilkada 2018 di Bandung, di Hotel Trans, Jalan Gatot Subroto, Senin (23/4/2018).

Menurutnya  ribuan mahasiswa yang digandeng Bawaslu merupakan perwakilan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari semua kampus se-Jawa Barat. Saat ini lanjutnya, Bawaslu Jabar sedang membentuk organisasi kemahasiswaan dari tingkat Kabupaten/Kota.

"Sehingga para mashasiswa yang diwakili oleh BEM ini sebagai pengawas partisipatif mampu mengawasi dari tingkat provinsi sampai ke tempat pemungutan suara," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya,tidak hanya itu, keterlibatan mahasiswa juga diproyeksikan dapat memberikan kontribusi dalam mensukseskan  untuk hajat politik besar di depan nanti seperti Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden. Diharapkan, peran aktif mereka bisa ikut menghadirkan kondisi pemilihan yang lebih baik.

Ditambahkan Koto,jika ditemukan pelanggaran mereka bisa melaporkan langsung kepada Panwaslu yang ada di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.(Red)


×
Berita Terbaru Update