Notification

×

Iklan

Iklan

Disparbud Akan Dijadikan Taman Budaya Destinasi Wisata Baru

Senin, 13 November 2017 | 19:00 WIB Last Updated 2017-11-14T07:36:07Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM-Pemerintah Provinsi (pemprov)Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) akan menjadikan Taman Budaya Jabar menjadi salah satu destinasi budaya sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Demikian hal tersebut dikatakan Kepala Disparbud Jabar, Ida Hernida usai membuka Festival Drama Musikal Remaja ke VI Jawa Barat 2017 di gedung Rumentang Siang Bandung, Senin (13/11/2017) kemarin.

Menurut Ida sekitar 643 jenis seni budaya yang dimiliki Jawa Barat wajib disosialisasikan dan dikembangkan Disparbud Jabar. Dia meminta pengelola Taman Budaya menghidupkan kembali seni pertunjukan sehingga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat.

Lebih lanjut dikatakan mantan sekretaris dewan DPRD Jabar ini,makanya saya minta kepada kepala Balai Taman Budaya untuk menghidupkan kembali area tersebut sebagai destinasi wisata baru di bidang pertunjukan seni budaya yang bisa dijadikan pilihan bagi wisatan manca negara (Wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus),jelas Ida.

Sejauh ini kondisi budaya Sunda bisa dikatakan sebagian hampir punah bahkan ada yang sudah punah. Taman Budaya Jabar memiliki tugas mengalisa kebudayaan Sunda baik yang akan maupun sudah punah tersebut.

Ditambahkannya sehingga seni budaya ini bisa dihidupkan kembali atau direkontruksi kembali dengan seni budaya asli itu tapi perlu ada sentuhan khusus sehingga nanti muncul seni dan budaya jenis baru,papar Ida.

Upaya lain dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat, kata Ida, pihaknya akan menerapkan mindset pariwisata. Ida mencontohkan ketika ada wisatawan yang datang ke stasiun kereta maupun bandara maka secara tidak langsung harus sebagai pelaku pariwisata.

"Kita lihat seperti di Bali, baru masuk Bandara saja sudah disambut seperti wisatawan. Nah, kenapa tidak kita menerapkan mindset pariwisata itu,"pungkasnya.(Red)
×
Berita Terbaru Update