Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelang Lebaran Volume Kendaraan Meningkat

Jumat, 23 Juni 2017 | 18:52 WIB Last Updated 2017-06-27T11:53:11Z
CIMAHI LENTERAJABAR.COM -  Menjelang hari besar, yaitu hari raya Idul Fitri, biasanya volume kendaran di area parkir-parkir di Kota Cimahi akan lebih meningkat, Ison Suhud selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, siap mengantisipasi titik-titik parkir yang harus dibenahi, agar dapat menampung volume kendaraan yang akan melonjak.

Bahkan Isonpun merasa yakin Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dimilikinya terutama dari sektor retribusi masih bisa ditingkatkan lagi. Realisasi retribusi parkir pada tahun ini diharapkan bisa diatas pencapaian tahun sebelumnya.

Untuk bisa meningkatkan pendapatan dari sektor tersebut, maka diperlukan penataan pada tempat parkir yang ada. Terlebih, menjelang lebaran sejumlah tempat parkir selalu mengalami kepadatan.

"Apabila titik-titik parkir itu tidak dibenahi, dikhawatirkan justru menyebabkan kemacetan. Intinya pada saat nanti menjelang lebaran, jangan sampai keberadaan parkir itu akan menganggu,"tutur Ison.

Menurutnya, para petugas di lapangan termasuk juru parkir harus mengantisipasi dan bisa mengatasinya dengan baik agar tempat parkir terutama di pusat perbelanjaan tidak mengganggu arus lalu lintas. Biasanya, mendekati lebaran volume kendaraan akan meningkat.

Ditambahkan pula oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Ruswanto, PAD dari rertibusi parkir tahun 2016 mengalami peningkatan 10% dibandingkan tahun sebelumnya. PAD tahun 2016 mencapai Rp 459 juta atau melebihi yang ditargetkan, yakni Rp 400 juta."Ternyata di akhir tahun realisasinya berbeda. PAD naik, yakni menjadi Rp 459 juta," katanya.

Pendapatan retribusi yang menglami pelonjakan tersebut, semua dihasilkan dari 98 titik parkir on street yang dikelola oleh sekitar 167 juru parkir. Untuk mengelola retribusi parkir agar lebih tertata lebih baik lagi, lanjut Ruswanto, pihaknya saat ini tengah melakukan kajian soal perparkiran.

Ruswantopun menjelaskan, bahwa kajian dimulai dari bagaimana cara mengelola tempat parkir, siapa yang berhak mengelolan, lalu bagaiaman sistem perputaran keuangannya.

"Kita ingin meminimalisir agar jalur keuangannya supaya lebih tertib, lebih bisa dipertanggungjawabkan," tegas dia. (Bagdja)
×
Berita Terbaru Update