Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Menghapus Diri dari Internet

Selasa, 21 Februari 2017 | 11:48 WIB Last Updated 2017-02-21T04:48:26Z
Penggunaan internet seperti tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini, baik itu untuk menggunakan media sosial, belanja online, atau mencari informasi. Namun bagaimana bila Anda ingin menghapus diri dari internet?

Berikut ini adalah lima cara untuk menghapus diri dari internet seperti yang dilaporkan Cnet. Meskipun sulit untuk menghilangkan eksistensi diri seluruhnya dari internet, cara ini akan cukup membantu Anda:

1. Hapus atau nonaktifkan layanan belanja, media sosial, dan akun layanan jaringan
Pikirkanlah, di media sosial apa saja Anda memiliki profil. Selain akun jejaring sosial yang besar seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Instagram, apakah Anda masih memiliki akun publik di situs seperti Tumblr, Google+, atau bahkan MySpace? Situs belanja online termasuk Amazon, gap.com, macys.com dan situs belanja online lainnya juga jangan sampai terlewatkan.

Untuk menghilangkan akun tersebut, masuk ke menu pengaturan akun Anda dan cari pilihan untuk menonaktifkan, menghapus, atau menutup akun tersebut. Bergantung pada tipe akunnya, Anda mungkin harus memperhatikan pula kesepakatan keamanan atau privasi yang diberlakukan penyedia layanan tersebut .

Jika mengalami masalah dengan akun tertentu, coba berselancar di internet dan cari tahu caranya dengan mengetikkan kata kunci "bagaimana untuk menghapus" diikuti dengan nama akun yang ingin dihapus. 

Anda dapat menemukan beberapa instruksi tentang bagaimana menghapus akun tertentu. Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menghapus akun, ubahlah info di akun untuk sesuatu selain info Anda yang sebenarnya seperti sesuatu yang palsu.

2. Menghapus diri dari situs pengumpulan data
Ada perusahaan di luar sana yang mengumpulkan informasi Anda. Mereka disebut broker data dan mereka memiliki nama seperti Spokeo, whitepages.com, PeopleFinder, serta banyak yang lain. Mereka mengumpulkan data dari semua hal yang Anda lakukan secara online dan menjual data itu kepada pihak yang berkepentingan, terutama dalam kaitan untuk beriklan.

Sekarang Anda bisa mencari sendiri di situs tersebut dan kemudian mengurus ke masing-masing situs secara individual untuk menghapus nama Anda. Masalahnya adalah, prosedur untuk memilih keluar dari setiap situs berbeda dan kadang-kadang melibatkan cara berkirim faks dan mengisi dokumen fisik yang sebenarnya.

Ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya yaitu dengan menggunakan layanan seperti DeleteMe di Abine.com. Dengan biaya sekitar 130 dollar AS untuk keanggotaan setahun, layanan ini akan melompati semua rintangan itu. Bahkan layanan itu akan memeriksa kembali setiap beberapa bulan untuk memastikan nama Anda tidak dimasukkan kembali ke situs-situs tersebut.

3. Menghapus info langsung dari situs
Pertama, cek operator telefon atau penyedia layanan selular untuk memastikan bahwa Anda tidak terdaftar secara online dan meminta mereka untuk menghapus nama Anda jika ada. Jika ingin menghapus posting forum atau blog lama yang memalukan, Anda harus menghubungi webmaster dari situs tersebut secara individual. Anda dapat melihat bagian ”About Us’ atau kontak dari situs untuk menemukan orang yang tepat untuk dihubungi atau buka www.whois.com dan mencari nama domain yang ingin Anda hubungi. Di sana, Anda akan menemukan informasi tentang siapa yang bisa dihubungi.

Sayangnya, operator situs pribadi tidak berkewajiban menghapus posting Anda. Jadi, ketika menghubungi situs tersebut, bersikaplah sopan dan nyatakan dengan jelas mengapa Anda ingin posting tersebut dihapus. Mudah-mudahan mereka benar-benar akan menindaklanjuti dan menghapusnya.

4. Menghapus hasil pencarian dari mesin pencari

Jika ada halaman web dengan informasi tentang Anda di dalamnya dan ingin menyingkirkannya, Google memiliki alat penghapusan URL yang dapat membantu Anda menghapus URL tertentu. Submit URL ke Google (ada juga formulir pengajuan untuk Bing) dengan harapan itu akan memperbarui servernya dan menghapus hasil pencarian tembolok sehingga Anda tidak lagi terkait dengan halaman. Tidak ada jaminan Google akan menghapus info tembolok tapi hal itu layak dicoba.

5. Langkah terakhir adalah menghapus akun email Anda
Bergantung pada jenis akun email yang Anda miliki, jumlah langkah yang diperlukan untuk menghapus alamat email akan bervariasi. Anda harus masuk ke akun Anda dan kemudian menemukan pilihan untuk menghapus atau menutup akun. Beberapa akun akan tetap terbuka selama waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mengaktifkan kembali akun tersebut.

Ingatlah untuk bersabar ketika akan melalui proses ini dan jangan berharap menyelesaikannya dalam sehari. Anda juga mungkin harus menerima bahwa ada beberapa hal yang tidak akan dapat terhapus secara permanen dari internet. 

Source:(Viana Ruhiyat)
×
Berita Terbaru Update