Notification

×

Iklan

Iklan

H. M Achdar Sudrajat : Keberadaan SPALD Komunal Bermafaat Buat Masyarakat

Jumat, 23 Februari 2024 | 21:08 WIB Last Updated 2024-02-29T14:18:11Z

Caption : Anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi Partai Demokrat H. M Achdar Sudrajat, S. Sos saat meninjau hasil pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Komunal yang berlokasi di Kelurahan Leuwigajah Kota Cimahi. (Jum'at, 23/02/2024)


KOTA CIMAHI.LENTERAJABAR.COM
, - Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau hasil pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Komunal yang berlokasi di Kelurahan Leuwigajah Kota Cimahi. (Jum'at, 23/02/2024)


Dalam kunjungan tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi Partai Demokrat H. M Achdar Sudrajat, S. Sos  mengapresiasi keberadaan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) komunal berdiri repesentatif di Kelurahan Leuwigajah Kota Cimahi,


Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung program open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABS) demi peningkatan kesehatan lingkungan.



Keberadaan sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan.pengelolaan dan pengembangan prasarana dan sarana sanitasi tidak lepas dari tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.


Menurut Politisi senior Partai Demokrat (PD) Jawa Barat (Jabar) yang akrab di sapa AHD ini, peningkatan akses sanitasi layak dan aman menjadi perhatian pemerintah dalam rangka mewujudkan sanitasi untuk semua (universal access).


Lebih lanjut dikatakan AHD dengan dibangunnya SPALD komunal ini, masyarakat di Kelurahan Leuwigajah Kota Cimahi dapat membudayakan hidup sehat dengan membuang kotoran dan mengelola limbah rumah tangga yang lebih bersih. Dengan memakai ipal komunal, maka pembuangan limbah nanti keluar dipastikan sudah bersih dan tidak berbau. Air yang keluar pun bersih,pungkas Ketua Badan Pembentukan Daerah (BP Perda) DPRD Provinsi Jawa Barat ini.( Rie/AdPar)


×
Berita Terbaru Update