Notification

×

Iklan

Iklan

Polisi RW Diaktifkan untuk Jaga Kamtibmas Warga Kota Tasikmalaya

Sabtu, 06 Mei 2023 | 09:48 WIB Last Updated 2023-05-06T12:31:37Z


KOTA TASIKMALAYA.LENTERAJABAR.COM
,- Jajaran Kepolisian Polres Tasikmalaya Kota mengadakan program pelatihan Polisi RW,sebagai upaya untuk terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di tingkat RW.Kegiatan itu bertempat di Halaman Mapolres Tasikmaya Kota Jumat (5/5/2023).

Menurut Waka Polres Kompol Dhoni Erwanto, personil ini akan ditempatkan di tingkat RW dengan tugas membantu percepatan penyebaran informasi  dan melakukan langkah cepat jika terjadi permasalahan di Masayarakat. 

"Apabila ada masalah sosial diharapkan tak meluas hingga ke atas tetapi bisa diselesaikan cukup di tingkat RT dan RW. Harapan dari terbentuknya Polisi RW ini, supaya bisa benar-benar hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Dhoni, pihaknya menurunkan 817 anggota di seluruh wilayah hukum polres tasikmalaya kota.

“Kita ikatkan keharmonisan dan kedekatan kita dengan masyarakat. Pastikan kehadiran polisi bisa menjadi problem solving masyarakat di tingkat RW,” jelas perwira menengah ini. 

Salah satu porgaram Presisi ini, kata Dhoni, sudah bergulir semenjak kepempimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Kami berharap anggota yang bertugas semua bisa memahami dan memaknai bukan hanya salam presisi dan menghafal kepanjangan dari presisi. Anggota yang bertugas harus memahami setiap permasalahan sosial di masyarakat dan bila perlu datangi rumahnya,” tuturnya.

Dalam pandangan Dhoni, Jika kepatuhan masyakarat terhadap orang tuanya tinggi, maka potensi kerawanan aksi kriminalitas dan kerawanan sosial akan bisa di reduksi. 

Ditambahkannya jika sudah seperti itu maka tugas kita akan semakin ringan. Tidak perlu kita beratus-ratus orang patroli,jelasnya. 

Dhoni meyakini, program tersebut akan membuat kerja kepolisian menjadi lebih efektif dan efesien.

“Bahwa kita menjadi bagian di dalam RW tersebut. Jika mengandalkan Bhabinkamtibmas yang membawahi setiap kelurahan, tidak akan tercover secara keseluruhan. Karena kita butuh kesegeraan. masyarakat sudah menunggu aksi kita, menunggu langkah nyata kita,” pungkas Dhoni Erwanto.(Red/***)

×
Berita Terbaru Update