.

Survei SMRC Pemilih Kritis : PDIP Sementara Unggul di Sebagian Besar Provinsi

Caption : Direktur Riset SMRC, Deni Irvani (foto tangkapan layar youtube SMRC)

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
, - PDIP sementara unggul di sebagian provinsi. Kesimpulan ini diambil berdasarkan data gabungan 16 survei nasional yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sepanjang Maret 2023 sampai April 2023. 

Hasil survei yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menunjukkan PDIP mendapatkan dukungan paling besar di semua provinsi Jawa dan Bali. 

Di Bali, PDIP mendapatkan dukungan sebanyak 60 persen, Jawa Tengah 38 persen, DIY 35 persen, Jawa Timur 26 persen, Jawa Barat 21 persen, DKI Jakarta 20 persen, dan Banten 18 persen.

"Sementara dukungan pada partai di Pulau Sumatera cukup variatif," kata Deni dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023). 

Untuk bagian Sumatera, PDIP unggul di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau. 

Sedangkan Golkar unggul di Riau dan Bengkulu. Gerindra sementara unggul di Sumatera Barat dan Jambi. Sedangkan Aceh menjadi basis Partai Demokrat. 

Lebih lanjut di luar Jawa dan Sumatera, PDIP memimpin di 10 provinsi (NTT, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulut, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). 

"Sementara Golkar terlihat unggul di Kalsel, Kaltim, bersaing ketat dengan PDIP, Sulsel, Gorontalo, dan Sulbar," kata Deni.

"Gerindra mendapatkan suara terbesar di NTB dan Sultra. Sementara Nasdem terlihat unggul di Sulteng," tambahnya.

Survei dilakukan secara tatap muka dengan total 18.451 responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Margin of error +/- 0.74 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.




Posting Komentar

0 Komentar