Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Ingatkan Prokes Tetap Penting Diterapkan Selama Momen Mudik

Kamis, 20 April 2023 | 22:15 WIB Last Updated 2023-04-20T15:15:32Z

Caption : Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro 

JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,- Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro ingatkan protokol kesehatan (prokes) penting diterapkan selama momen mudik.

Hal ini dikarenakan pandemi masih berlangsung dan belum dicabut hingga sekarang.Walau pun memang kondisi pandemi di Indonesia dinilai terkendali.

"Tentu masih ada pandemi, terutama penyakit ini masih ada di sekitar kita. Adaptasi kebiasaan baru tetap harus dijalankan," ungkapnya pada kanal YouTube Kementerian Kesehatan dikutip lenterajabar.com, Kamis (20/4/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada banyak manfaat dari penerapan protokol kesehatan.Menerapkan protokol kesehatan tidak hanya melindungi diri dari Infeksi Covid-19 saja.

Tapi juga penyakit menular lain seperti influenza, tuberkolosis dan masih banyak lagi.

"Terus juga penyakit lain bisa menular, jadi ketika di ruang publik penuh orang, berisiko tinggi, sebaiknya menggunakan protokol kesehatan yang baik dan benar," papar dr Reisa lagi.

Kebiasaan baik lain yang mesti diterapkan adalah cuci tangan. Karena kebiasaa ini bisa menghindari diri dari kuman dan ratusan penyakit. Jadi tidak ada salahnya tetap dijalankan.

Selanjutnya perlu dianjurkan untuk menghindari kerumunan dan menggenakan masker saat berada di tengah banyak orang.

Manfaat pemakaian masker, selain terhindari dari Covid-19 adalah aman dari penyakit lain dan polusi.

Reisa juga mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Termasuk adaptasi kebiasaan baru dengan vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi yang saat ini menjadi penting adalah Covid-19. Jadi sebelum mudik, ketemu orangtua, kita harus mempersiapkan antibodi. Yang belum booster, atau baru tiga kali suntik, harus dilengkapi dulu," pungkasnya.*** 

×
Berita Terbaru Update