Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi D Dukung Program Disdik Tuntaskan Masalah Pendidikan

Selasa, 07 Maret 2023 | 21:20 WIB Last Updated 2023-03-07T14:20:39Z

Ket : Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung H. Aries Supriyatna, S.H., M.H., menghadiri acara Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah gelaran Disdik Kota Bandung, di Hotel Horison, Selasa (7/3/2023).Jaja/Humpro DPRD

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung H. Aries Supriyatna, S.H., M.H., menghadiri acara Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah dalam Rencana Kerja Dinas Pendidikan Kota Bandung gelaran Disdik Kota Bandung, di Hotel Horison, Selasa (7/3/2023).

Aries Supriyatna mengatakan, rencana kerja yang akan disusun ini terkait untuk anggaran 2024 dan persiapan penyusunan RPD 2024-2026. Data dari Bappelitbang, kata Aries, ada beberapa hal catatan yang menjadi perhatian Komisi D DPRD Kota Bandung.

“Terkait dengan infrastruktur sekolah baik SD maupun SMP, ‘masih bermasalah’. Perlu perhatian khusus. Mudah-mudahan sudah masuk rencana kerja Disdik. Mudah-mudahan 2024 persoalan ini terus dituntaskan. Sehingga persoalan infrastruktur dari sudut ketimpangan fasilitas, maupun kualitas rusak, ringan, hingga berat bisa dituntaskan,” katanya.

Komisi D juga melihat persoalan krusial dari beberapa laporan selama ini. Hal ini sejalan dengan paparan Bappelitbang Kota Bandung di acara itu, yang mengidentifikasi terkait kualitas pengajar atau guru. Tergambarkan bagaimana sertifikasi guru di Kota Bandung masih sangat rendah sehingga ini menjadi prioritas untuk diselesaikan.

“Insyaallah kami di DPRD dan Banggar DPRD akan mempertimbangkan data ini sehingga ada kesinergian dari pemkot dan kami dorong di DPRD,” ujarnya.

Harapan terbesar DPRD, kata Aries, tidak ada kata terlambat untuk memulai rencana kerja berbasiskan data yang riil dan valid. Selama 2 periode di DPRD, baru masa ini ia melihat adanya forum perangkat daerah yang berkolaborasi lintas daerah, khususnya di aglomerasi Bandung Raya.

“Jadi sekali lagi tidak ada kata terlambat. Dimulai dengan masa saat ini hingga ke depan forum seperti ini semakin berkembang. Bukan hanya melaksanakan amanat Permendagri saja, tetapi mudah-mudahan forum perangkat daerah ini menghadirkan rapat kerja teknis dan berbasiskan pemetaan serta hasil kajian yang valid sehingga kemudian kita bisa mengidentifikasi, merencanakan, dan menyelesaikan permasalahannya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Aries menyampaikan komitmen dewan, terutama Komisi D DPRD Kota Bandung untuk terus mendukung Disdik Kota Bandung terkait dengan penyelesaian masalah pendidikan di Kota Bandung.

“Harapan besar saya, selama saya di DPRD kita bisa mewariskan kepada masyarakat satu saja, persoalan pendidikan, terselesaikan. Tetapi mungkin butuh waktu cukup panjang. Walaupun tinggal satu tahun kami di periode ini, saya berkomitmen mendukung, mendorong apa yang direncanakan Disdik, membentuk SDM Kota Bandung yang berkualitas,” tutur Aries.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan, sejumlah pembenahan berkaitan dengan persoalan pendidikan di Kota Bandung terus dilakukan. Perbaikan terus diterapkan sesuai berbagai arahan, termasuk dari Komisi D DPRD Kota Bandung.

“Terima kasih kepada Komisi D yang selalu memberikan arahan berkaitan dengan bagaimana tata kelola pendidikan yang maksimal,” ujarnya.*


×
Berita Terbaru Update