Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua DPRD Tedy Rusmawan Harap Kerja Sama Bandung-Petailing Jaya Diperkuat

Rabu, 01 Februari 2023 | 18:44 WIB Last Updated 2023-02-01T11:44:53Z

Ket Foto : Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan Wakil Ketua Komisi A Khairullah S.Pd.I., menyambut Wali Kota Petaling Jaya, Malaysia, Mohamad Azhan, di Balai Kota Bandung, Rabu (1/2/2023).Ridwan/Humpro DPRD

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,- Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan Wakil Ketua Komisi A Khairullah S.Pd.I., menyambut kunjungan Wali Kota Petaling Jaya, Malaysia, Mohamad Azhan, di Balai Kota Bandung, Rabu (1/2/2023). Bersama itu, hadir pula Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Tedy Rusmawan menyambut baik kunjungan dari Wali Kota Petaling Jaya Mohamad Azhan yang hadir bersama rombongan pejabat pemerintah Petaling Jaya. Kota Bandung dengan Kota Petaling Jaya menjalin hubungan sebagai sister city sejak 2015.

“Kami dari DPRD Kota Bandung mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, dan mengapresiasi setinggi-tingginya sister city yang telah terjalin sejak lama,” kata Tedy.

Ia berharap kerja sama kedua kota bisa dibangun lebih baik di masa mendatang. Tedy mengusulkan supaya dihadirkan Festival Bandung-Petaling Jaya yang digelar di kota masing-masing.

Festival ini bisa mengupayakan perkenalan potensi dan komoditas dari kota masing-masing agar warga kedua kota dapat saling mengenal.

“Harapannya, kerja sama lebih optimal, khususnya kegiatan-kegiatan seperti Festival Bandung-Petaling Jaya sehi
ngga kerja sama lebih punya manfaat bagi kedua kota,” ujar Tedy.

Selain hubungan kerja sama terkait pertukaran acara budaya, Tedy juga mengharapkan adanya komunikasi terkait pengelolaan tata kota yang mudah-mudahan bisa ditingkatkan. Kedua pemerintah kota bisa saling berbagai hal dan bisa bermanfaat bagi publiknya.

“Saya yakin banyak kelebihan dari kedua kota ini. Mudah-mudahan persaudaaraan serumpun Melayu ini semakin kokoh dan mendapatkan bimbingan dan keberkahan dari Allah Swt.,” tutur Tedy

Wali Kota Petaling Jaya, Mohammad Azhan mengatakan, selain bersama sejumlah petinggi urusan pemerintahan, rombongan ini juga mengikutsertakan para pengusaha Petaling Jaya. Pengusaha dilibatkan untuk mempelajari sesuatu dari Bandung, agar dapat mempelajari sistem perekonomian dan perdagangan untuk diterapkan di Malaysia.

“Tujuan utama kita di sini, kita ingin merapatkan ukhuwah kita. Pengusaha juga berjejaring dengan Kota Bandung. Kita juga hadirkan MoU persahabatan kita. Supaya kita bisa terus bersaudara, bersahabat, dengan menandatangani MoU ini,” ujar Azhan.

Petaling Jaya telah banyak menerapkan sistem pengelolaan pemerintahan yang diadopsi dari Kota Bandung, salah satunya smart center.

“Kami sudah menjalankannya. Itu adalah perkara baik dari persahabatan ini. Ini karya-arya yang elok, yang baik. Maka kami memohon Bapak (wali kota) berkenan untuk meneruskan persahabatan kami. Insyaallah akan datang lagi kesepakatan-kesepakatan selanjutnya,” katanya.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, hubungan kedua kota ini terus merekat. Pertemuan terakhir digelar pada Agustus 2022 lalu.

“Sister city sudah sejak 2015. Mudah-mudahan kota kakak-beradik ini, yang banyak kesamaan, kita bisa tingkatkan lagi kerja sama kita. Kita akan banyak belajar. Mudah-mudahan silaturahmi antarkita bisa ditingkatkan,” ujarnya.* 

×
Berita Terbaru Update