Notification

×

Iklan

Iklan

Uu Ruzhanul: Forum Pembina OSIS Berperan dalam Pembangunan Karakter

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:44 WIB Last Updated 2023-01-28T05:59:14Z

Caption : Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Pelantikan Pengurus Forum Pembina OSIS SMP/MTs Masa Bakti 2023-2026, Ikatan Keluarga OSIS (IKOSIS) Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya

KABUPATEN TASIKMALAYA.LENTERAJABAR.COM
,  -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Pelantikan Pengurus Forum Pembina OSIS SMP/MTs Masa Bakti 2023-2026, Ikatan Keluarga OSIS Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (26/1/2023). 

Dalam amanatnya, Wagub Uu Ruzhanul mengatakan, pihaknya mendukung Forum Pembina OSIS (Organisasi Siswa Intrasekolah) di tingkat kabupaten/kota di Jabar. 

Menurutnya, jejaring ini sangat bermanfaat untuk pengembangan potensi generasi muda yang saat ini berstatus siswa. 

Dengan dikukuhkannya kepengurusan baru, ia berharap Forum Pembina OSIS di tingkat kabupaten/kota, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya dapat berjalan seirama mewujudkan visi pembangunan Jawa Barat Juara Lahir Batin. 

"Dengan adanya organisasi, timbul kekuatan, kebersamaan, kesepakatan yang sama," ucap Wagub Uu Ruzhanul. 

"Bersama membangun citra pendidikan di Jabar yang juara karena kalau kabupaten/kota hebat, maka Jawa Barat juga hebat," katanya. 

Dengan begitu, program atau target yang diturunkan pemerintah terkait dengan pendidikan maupun pembangunan karakter, dapat turut disukseskan bersama dengan dukungan Forum Pembina OSIS. 

Pada kesempatan yang sama, Uu juga menggelorakan semangat kolaborasi. Menurutnya, di era kompetitif saat ini justru kebersamaan untuk saling melengkapi bisa menjadi senjata untuk mengakselerasi tujuan. 

Semangat kolaborasi ini juga harus benar- benar diwujudkan dalam spirit berorganisasi. Dengan begitu organisasi dapat berlari dan mengakselerasi target. 



Kepada pengurus Forum Pembina OSIS yang baru dilantik, Wagub Uu Ruzhanul menekankan selain membekali siswa dengan ilmu akademis, para siswa juga harus diasah skill organisasinya. Dengan pengalaman berorganisasi akan ada banyak manfaat yang didapat. 

Dengan demikian siswa akan mempunyai soft skill dan kemampuan kognitif lain di luar kemampuan akademis seperti misalnya sikap kepemimpinan, kedisiplinan hingga kemampuan berkoordinasi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. 

"Kunci sukses bukan hanya dari akademis, melainkan juga pengalaman organisasi bisa menjadi bekal untuk masa depan," kata Uu. 

Ia pun berpesan agar setiap anggota pengurus Forum Pembina OSIS dapat bersikap amanah karena kepercayaan juga merupakan modal yang harus digenggam dalam tujuan apapun. 

Wagub Uu Ruzhanul juga menitipkan supaya dalam menjalankan kegiatan di sekolah perlu ada ekstrakurikuler keagamaan baik Rohani Islam, mengaji atau sejenisnya sehingga hadir spirit moral dan akhlak pada diri siswa. 

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya Rahayu Jamiat Abdullah mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Forum Pembina OSIS yang dilantik. 

"Mudah- mudahan dalam melaksanakan tugasnya benar -benar memberikan pembinaan yang sebaik-baiknya yang maksimal kepada seluruh peserta didik," kata Rahayu. 

Menurutnya, generasi muda yang unggul merupakan kunci sukses Indonesia Emas di tahun 2045, maka pembinaan terhadap peserta didik melalui OSIS penting dilaksanakan sebaik-baiknya. (Rie/Red)

×
Berita Terbaru Update