.

Dadan : Perkembangan Industri E-Sport Terus Meningkat,Targetkan Ada Atletnya Tampil di Turnamen Internasional

Caption : Ketua E-Sports Indonesia Kota Bandung Dandan Riza Wardhana beserta jajaran pengurus

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Ketua E-Sports Indonesia Kota Bandung Dandan Riza Wardhana menargetkan ada atlet e-sports dari Kota Bandung untuk mewakili Indonesia di turnamen internasional semisal Asian Games.

“Pencarian atau regenerasi atlet e-sports dari Kota Bandung sudah tentu menjadi agenda utama kami. Kami ingin menyumbangkan atlet untuk mewakili Indonesia di turnamen internasional seperti Asian Games,” kata Dandan Riza Wardhana di Bandung.

Dia menerangkan, tren positif perkembangan e-sports secara global berdampak pada skala regional. Perkembangan atlet dan jumlah turnamen yang digelar semakin banyak.

“Setelah pandemi, tentu keingingan dari sisi ekosistemnya harus bisa tumbuh lebih baik. Developer (pengembang) game lokal juga menjadi concern kami. Salah satu yang ingin kami wujudkan adalah membuat expo secara reguler dimana semua pelaku dan yang berhubungan dengan industri ini bertemu. Semua akan dibahas, mudah-mudahan terealisasi atau pondasinya sudah kuat mulai tahun ini,” katanya.

Tak kalah penting, kata dia, menghadirkan peran perbankan dari sisi bisnis, baik itu transkasi atau akses permodalan. Menurut Dandan, hal tersebut merupakan potensi tambahan.

Berdasarkan data yang dihimpunnya, pada tahun 2021, Indonesia merupakan negara pendorong utama pertumbuhan industri e-sport di Asia Tenggara karena berkontribusi 43 persen dari total 274,5 juta.

Selain itu Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai 2,08 miliar dollar AS atau sekitar Rp 30 triliun rupiah.

“Angka ini sangat fantastis. Dan momentum ini harus dijaga karena pertumbuhannya bisa terus meningkat dari tahun ke tahun mendatang,” pungkasnya.(Rie/Red)