.

Anggota Komisi III Hj.Sumiyati Dukung BUMD MUJ Kerjasama dengan BUMN

Caption : Anggota Komisi III DPRD Jabar Hj.Sumiyati, S.Pd.I,M.IPol

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat PT Migas Utama Jabar (Perseroda) / MUJ bersama melakukan komitmen untuk mengakselerasi transisi energi.

Kolaborasi dua badan usaha tersebut semangatnya untuk membangun Net Zero Emission (NZE) tahun 2060, dan mendukung transisi energi dengan tujuan pengurangan emisi melalui elektrifikasi di berbagai bidang.

PLN dan MUJ menuangkan komitmen tersebut dalam sebuah penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang digelar di Bali, Selasa 1 November 2022. Hartanto Wibowo selaku Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN bersama Begin Troys selaku Direktur Utama MUJ membubuhkan penandatanganan MoU tersebut.

Begin mengatakan, MUJ selaku BUMD Induk (holding) Pemprov Jabar yang bergerak dalam bidang energi dan sumber daya mineral melakukan langkah optimalisasi potensi energi yang ada dalam rangka pemenuhan kebutuhan energi nasional khususnya di Jawa Barat.

Kesepakatan kerjasama mitra kerja Komisi III tersebut didukung dan diapresiasi Anggota Komisi III DPRD Jabar Hj.Sumiyati, S.Pd.I,M.IPol.Anggota Legislatif (Aleg) dari Fraksi  Partai Demokrasi  Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Barat.

Menurut srikandi partai berlambang banteng moncong putih ini,stategi bisnis yang di buat BUMD PT Migas Utama Jabar (Perseroda) merupakan langka maju dan strategis menyikapi kemajuan zaman ungkapnya saat di minta tanggapan melalui telepon selulernya, di Bandung,Rabu (2/11/2022).

Berdasarkan informasi permintaan listrik akan terus meningkat karena faktor ekonomi dan demografi, dengan potensi permintaan dua kali lipat pada tahun 2040.

Ragam potensi kerja sama dengan PLN akan terus dikembangkan.pengembangan sistem dan pengusahaan infrastruktur kendaraan listrik untuk mewujudkan program perubahan iklim dan pengurangan emisi sudah dilakukan melalui kerja sama dalam penyediaan SPKLU di fasilitas-fasilitas umum yang dikelola oleh Pemprov Jabar.

Adapun saat ini MUJ sudah memiliki portofolio penggunaan Electric Vehicle (EV) serta Pengisian Listrik secara mandiri yang berlokasi di kantor MUJ.

Pengembangan sistem Sumber Energi Terbarukan (EBT) untuk meningkatkan produktivitas dalam mendukung ketahanan dan kehandalan energi dijalankan dengan pengelolaan PLTMH di Cirompang Kabupaten Garut.

Layanan listrik berbasis EBT ini bersinergi dengan sesama BUMD Jabar. Selain itu, pada Juli 2022 MUJ sudah memasang PV Rooftop dengan kapasitas 20,5 kWp. MUJ melalui anak perusahaannya akan bekerjasama dalam penyediaan Solar PV secara Off Grid untuk mempercepat pemasangan di sekolah dan pesantren di Jawa Barat.

Selanjutnya MUJ berpeluang mendapatkan alokasi gas dari pemerintah untuk pemenuhan energi di Jawa Barat dan sekitarnya. Terdapat potensi market gas di daerah Indonesia Timur diantaranya adalah Pembangkit Listrik, Industri Komersil dan penggunaan gas di kawasan lainnya.(Rie/AdPar)