.

Presiden Jokowi Luncurkan Vaksin Covid-19 Buatan PT Bio Farma

Caption : Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat meluncurkan Vaksin Covid-19 buatan  PT Bio Farma di Kantor Pusat PT Bio Farma Jl. Pasteur No.28, Kota Bandung, Kamis (13/10/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yang bernama IndoVac yang diproduksi oleh PT Bio Farma. 

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya luncurkan vaksin IndoVac produksi PT Bio Farma Bandung," kata Jokowi, di Kantor Pusat PT Bio Farma Jl. Pasteur No.28, Kota Bandung, Kamis (13/10/2022).

Menurut dia, vaksin IndoVac merupakan hasil kerja keras Sumber Daya Manusia (SDM) muda di Indonesia. Ia kemasyarakatan produksinya pun melihat hulu ke hilir di Indonesia.

"Ini (produksi vaksin IndoVac) dari awal sampai sekarang 1,5 tahun, juga diam ngga pernah bersuara tahu-tahu jadi IndoVac," tuturnya.

Selain itu, imbuh Jokowi, PT Bio Farma dalam satu tahun dapat memproduksi 3 miliar dosis vaksin dan diekspor ke 153 negara. Sehingga, PT Bio Farma bisa masuk menjadi produsen vaksin yang masuk lima besar dunia.

"Dan memproduksi bermacam-macam vaksin, baik itu vaksin polio, difteri, meningitis, flu, campak, dan yang terakhir yang kita resmikan pada hari ini adalah vaksin Covid-19 dan kita beri nama IndoVac," imbuhnya.

Didasari hal itu, Jokowi meminta kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang turut hadir di lokasi peluncuran, untuk terus mendorong Bio Farma guna memproduksi vaksin.

Sehingga, PT Bio Farma bisa menghasilkan pendapatan besar dan Indonesia bisa memiliki kemandirian serta semangat berdikari dalam memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri.

"Untuk vaksin polio saja, Bio Farma ini menguassai 70 persen dari pangsa pasar dunia, 70 persen mensuplai vaksin polio ke seluruh negara, ini kan luar biasa," pungkas Jokowi. (Rie/Red)