.

Panelis U20, Gubernur Ridwan Kamil Presentasikan Hubungan Alun-alun dengan Kemakmuran

Caption :  Gubernur Jawa Barat satu panelis pada The World Bank U20 2022 Mayors Summit Side Event di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (30/8/2022). 

DKI JAKARTA.LENTERAJABAR.COM
,-- Gubernur Jawa Barat menjadi salah satu panelis pada The World Bank U20 2022 Mayors Summit Side Event bertajuk Prosperous and Circular Cities: Investing in Urban Transformation di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (30/8/2022). 

Pada kesempatan tersebut Gubernur mengulas gambaran program Pemda  Provinsi Jawa Barat dalam penataan kota terutama membangun kota sebagai jantung tempat interaksi masyarakat di beberapa wilayah.

Dalam paparannya, Ridwan Kamil mengatakan kehadiran Alun-alun menjadi pemicu kesejahteraan masyarakat. Alun - alun melahirkan kegiatan perekonomian masyarakat karena menjadi pusat masyarakat berinteraksi. 

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jawa Barat Dodit Adrian Pancapana menuturkan, selama ini Gubernur membangun alun-alun atau city square yang merupakan pusat pertemuan masyarakat di satu daerah atau sebagai suatu pusat aktivitas.

"Melalui alun-alun Gubernur merancang pusat peradaban yang layak, dan itu membangkitkan perekonomian," tutur Dodit. 

Selain itu dari sisi estetika, Pemda Provinsi Jawa Barat terus berupaya membuat kota di Jabar tampil lebih menarik dan humanis sehingga dapat membuat masyarakatnya bahagia.

"Dari sisi infrastruktur bisa merepresentasikan daerah tertentu," ucapnya melanjutkan. 

Sementara itu, melalui konferensi multinasional tersebut Jabar membidik potensi-potensi untuk menjalin kerja sama luar negeri.

Sejauh ini Jabar telah menjalin kerja sama sister province dengan kota-kota di Australia Selatan, Korea Selatan, Jepang, Singapura dan Inggris.

Diharapkan dengan semakin banyak kota-kota dunia yang menjadi mitra sister cities, Jawa Barat dapat mengakselerasi potensi kemitraan lanjutan dalam isu perkotaan yang bermanfaat bukan hanya dari sisi ekonomi namun juga untuk pembangunan berkelanjutan dunia.(Rie/Red)