.

Ridwan Kamil : Pengerjaan Masjid Al Jabbar Ditargetkan Selesai Akhir Tahun Ini

Caption : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau langsung progres pembangunan Masjid Al Jabbardi Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (2/7/2022).

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung terus dikebut. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan pembangunan masjid tersebut selesai akhir tahun ini.

Ridwan Kamil meninjau langsung progres pembangunan Masjid Al Jabbar, Sabtu (2/7/2022). Sebelum ke area dalam, dia memantau pembangunan taman yang berada di pelataran masjid.

Kemudian dia juga meninjau bangunan-bangunan pendukung seperti tempat berteduh hingga tempat wudhu. Saat memantau kawasan luar, dia juga memberikan ide-ide untuk mempercantik bangunan pendukung tersebut salah satunya dalam penggunaan warna cat.

Setelah itu, Ridwan Kamil masuk ke dalam bangunan masjid. Rangka-rangka besi masih terlihat. Ia juga melihat lampu hingga contoh karpet yang akan dipasang di dalam masjid yang didesainnya langsung di masa kepemimpinan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Pemantauan dilanjutkan ke basement masjid. Dia melihat progres pembangunan ruangan yang akan digunakan museum, food court hingga melihat langsung jalur evakuasi di masjid ini.

“Insya Allah, akhir tahun akan selesai. Kita datang untuk memastikan ekspektasi yang kita arahkan itu dikerjakan dengan baik, Alhamdulillah target masih on schedule, masih ada sisa 5-6 bulan, saya kira semua sedang berproges,” katanya usai kunjungan.

Disinggung terkait persentase progres pembangunan, dia menyebut sudah melebihi 50 persen. “Jadi progres kurang lebih 56 persen, sehingga 44 persennya kita bereskan dalam waktu enam bulan,” ujarnya.

Menurutnya 44 persen sisa pekerjaan yang belum selesai, meliputi pembangunan tempat wudhu, pemasangan keramik-keramik, serta fasilitas pendukung lainnya. Tak hanya museum, ada juga taman 25 nabi dan rasul yang dibangun di kawasan ini dan akan membuat nyaman para pengunjung.

“Ada museum, ada taman teman 25 nabi dan rasul, parkir memadai dan kuas buat bus disediakan dengan nyaman. Semua sudah diatur, ada tempat makan dan ruang-ruang kelas. Insya Allah ini masjid terkeren yang pernah ada di Indonesia,” tuturnya

Dia menambahkan akan ada dua akses jalan bagi kendaraan yang akan masuk ke kawasan Masjid Al Jabbar ini. “Sementara ada dua akses dari jalan tol keluar dari KM 149 kemudian dari Jalan Soekarno-Hatta, ada pelebaran yang kita diskusikan,” pungkasnya. (Rie/Red).