Notification

×

Iklan

Iklan

Lukisan dan Karya Seni Mahasiswa ISBI Bandung Dipamerkan di Gedung YPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:51 WIB Last Updated 2022-06-23T11:51:50Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Sebanyak 17 lukisan dan 16 karya seni rupa dipamerkan di Galeri Yayasan Pusat Kebudayaan Jalan Naripan Kota Bandung, 22-30 Juni 2022 ini.

Pameran bertajuk Archipelago memamerkan karya para mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. 

Pameran ini bertujuan untuk mengedukasi publik dalam menjembatani seni (terkhusus di bidang Tradisi Nusantara) dari para seniman yang kemudian dapat menciptakan interaksi pembelajaran.  

Salah satu karya yang cukup memikat pada pamaeran tersebut yaitu lukisan Nyangku karya Yeni. 

Nyangku merupakan salah satu tradisi dari daerah Ciamis. Yakni upacara penyucian benda-benda pusaka di Situ Lengkong Panjalu. 

Dalam lukisan tampak masyarakat berbondong-bondong naik perahu sebagai penghormatan terhadap Raja Galuh juga sebagai bentuk pelestarian warisan. 



Berlatar sekumpulan awan biru yang memenuhi kanvas, Yeni berhasil menjadikan lukisan surealis yang dipenuhi elemen fantasi tetap sarat akan makna dengan pengemasan yang indah.

Salah seorang pengunjung, Sasa mengaku sangat mengapresiasi karya seni yang dipamerkan di Galeri Pusat Kebudayaan tersebut.

“Selain sebagai wadah unjuk gigi para seniman Bandung, pameran ini juga berguna banget buat memberi inspirasi bagi kami calon-calon seniman," akunya.  

Bagi warga yang tengah berwisata di kawasan Asia Afrika Kota Bandung, tak salah juga menyempatkan diri untuk mampir ke lokasi pameran.

Letaknya hanya beberapa ratus meter dari Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika. (Rie/Red)
×
Berita Terbaru Update