Notification

×

Iklan

Iklan

Bapenda Permudah Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Via E-Samsat Saat Libur Lebaran Raup Hingga Rp 4,3 M

Jumat, 06 Mei 2022 | 20:19 WIB Last Updated 2022-05-07T13:29:26Z


BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
, - Bapenda Jabar mempermudah pembayaran pajak. Layanan yang dibuka saat libur lebaran periode 29 April hingga 4 Mei 2022 dapat Rp 4,3 miliar melalui e-Samsat.

Catatan ini menjaga tren positif realisasi selama Ramadan sebesar Rp 57,5 miliar melalui program Samsat keliling dan Samsat Sore (Samsore).

Transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor menggunakan e-Samsat selama enam hari libur lebaran itu rinciannya, sektor roda dua sebesar Rp 881,45 juta.

Angka tersebut didapatkan dari total 3.348 kendaraan. Lalu, dari sektor roda empat realisasi pendapatan sebesar Rp 3,5 miliar. Angka itu diperoleh dari total 1.226 kendaraan.

"Selama libur yang dimulai beberapa hari sebelum lebaran, kami terus memudahkan layanan. Alhamdulillah realisasi pendapatan sebanyak Rp 4,38 miliar," kata Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik, Jumat (6/5/2022).

Ia mengatakan kesadaran wajib pajak sudah sangat baik, ditambah momentum pemulihan ekonomi sudah berjalan. Tentu pihaknya ingin memaksimalkan layanan yang memudahkan kepada wajib pajak.

Proses pembayaran melalui e-Samsat memiliki berbagai pilihan media pembayaran, di antaranya melalui Aplikasi Sambara, Aplikasi Signal, Financial Technology (Bukalapak, Kaspro dan Tokopedia), Gerai Modern (Alfamart, Alfamidi, Indomaret), dan PPOB.

Berbagai inovasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan para Wajib Pajak. Selain itu, untuk Pengesahan STNK diberikan waktu selama 90 hari setelah pembayaran di Layanan Samsat seperti Samsat Induk, Samsat Outlet, Samsat Drive Thru, Samsat Keliling, Samsat Masuk Desa atau Kios Samsat.

Menurut Dedi Taufik, optimasi layanan ini adalah menerjemahkan instruksi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menekankan pemerintah harus hadir untuk masyarakat dalam beragam fasilitas layanan.

"Tugas kami adalah memudahkan masyarakat melalui layanan daring e-Samsat. Kami pun optimistis target raihan pajak bisa terealisasi hingga akhir tahun," kata dia.

"Ke depan, kami akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Alhamdulillah kemarin saat bulan puasa, layanan Samsat sore (Samsore) di berbagai wilayah pun raihan pendapatannya sangat baik," tuturnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, tercatat capaian yang dihasilkan dari Samsat Keliling dan Samsore selama bulan Ramadan adalah sebesar Rp 57,58 miliar dari total 85.677 kendaraan bermotor yang membayar pajak. (Red/**)


×
Berita Terbaru Update