.

Kolaborasi Lintas Komunitas Gotong Royong Bersih-bersih Bandung

Caption : Ratusan orang dari berbagai berbagai komunitas bergotong royong melakukan aksi bersih-bersih Kota Bandung.

BANDUNG.LENTERAJABAR.COM
,- Ratusan orang dari berbagai berbagai komunitas .sore menjelang berbuka puasa,berkumpul di Jalan Hasanudin, Bandung, Minggu, 24 April 2022. Mereka bukan sekedar untuk ngabuburit melainkan bergotong royong melakukan aksi bersih-bersih Kota. 

Dengan membawa berbagai peralatan seperti sapu, singkup, trashbag dan dibantu dengan kendaraan pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, mereka bahu membahu membersihkan berbagai sampah yang berserakan di sepanjang jalan.

Aksi tersebut merupakan kolaborasi sejumlah komunitas yang tergabung dalam DCDC For You dengan Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung. 

Kepala Redaksi DCDC sekaligus koordinator kegiatan, Addy Handy mengatakan, aksi ini hadir sebagai bentuk kepedulian berbagai komunitas terhadap kebersihan dan keindahan kota Bandung. 

"Kami mengajak berbagai komunitas kota Bandung untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di beberapa kawasan kota Bandung," katanya.

Aksi bersih-bersih kota tersebut telah dimulai sejak 19 April 2022. Secara simultan akan terus digelar setiap hari hingga 26 April 2022 mendatang. 

Digelar di 10 tempat berbeda, salah satunya di Jalan Hasanudin sampai Jalan Bagusrangin Bandung.

"Setiap hari acara akan dimulai dari pukul 16.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka tiba," ujarnya.

Kegiatan ini, kata dia, didukung penuh Pemkot Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup melalui penyediaan sarana pendukung kegiatan.

"Kita dapat bantuan kendaraan pengangkut sampah dan beberapa personil ikut diterjunkan untuk membantu kelancaran proses bersih-bersih kota," lanjut dia.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap dengan aksi bersih-bersih ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota Bandung.

"Mudah-mudahan kegiatannya berjalan terus dengan didukung oleh komunitas, warga masyarakat, dan pemerintah menjadikan Kota Bandung semakin baik dari yang sudah baik dan semakin bersih dari yang sudah bersih," kata Yana, saat membuka rangkaian bersih-bersih Kota, Selasa, 19 April 2022 lalu.

Ada lebih dari 30 komunitas yang terlibat dalam aksi tersebut, di antaranya komunitas musik, motor, penggemar band, dan komunitas sepeda.

Termasuk juga komunitas kepemudaan, Forum PKL Bandung, Pecinta Alam Bandung Raya dan Karang Taruna serta melibatkan kurang lebih 2.000 orang.(Rie/Red)